10 MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK PENYAKIT

Warenet10 | Walaupun 92% buah semangka terdiri dari air tetapi buah yang menyegarkan ini direndam oleh banyak nutrisi. Setiap gigitan buah semangka memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, Likopen, antioksidan dan asam animo. Dan bahka ada sejumlah kecil potasium plus. Selain itu buah musim panas ini bebas dari lemak, rendah sodium dan hanya terdapat 40 kalori per potong.

MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK PENYAKIT

“Makanan yang tinggi antioksidan dan asam animo ini memungkinkan tubuh Anda berfungsi secara optimal,” kata Angela Lemond, ahli gizi dari Plano, Texas yang terdaftar di Academy of Nutrition and Dietetics. “Antioksidan yang terdapat pada Buah Semangka dapat membantu mencegah kerusakan dan kanker. Sementara Asam Animo adalah bahan pembangun dasar untuk protein yang digunakan di jampir setiap fungsi vital dalam tubuh,”.
BACA JUGA: 10 Penyebab Utama Kematian Tertinggi Di Dunia
Para ilmuwan telah meneliti tingkat likopen semangka yang tinggi atau sekitar 15 hingga 20 miligram per porsi. Beberapa tingkat tertinggi dari semua jenis buah segar. Lycopene adalah fitonutrien yang merupakan senyawa alami dalam buah-buahan dan sayuran yang bereaksi dengan tubuh manusia untuk memicu reaksi sehat.
Menurut Victoria Jarzabkowski, seorang ahli gizi dari Fitness Institute of Texas, “Likopen telah banyak dikaitkan untuk membantu kesehatan jantung, tulang dan pencegahan kanker prostat. Likopen juga merupakan antioksidan yang kuat yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi”.
BACA JUGA: 10 Solusi Alami Paling Efektif Untuk Menghilangkan Komedo
Untuk memaksimalkan asupan likopen pada tubuh Anda, Ambillah semangka yang telah matang sepenuhnya. Semakin merah warna semangka, semakin tinggi likopen yang Anda dapatkan. Kandungan beta-karoten dan fenolik antioksidan juga meningkat ketika semangka sudah matang. Beta Karoten adalah antioksidan yang banyak ditemukan pada buah atau sayuran berwarna merah. Nutrisi ini dapat membantu kekebalan, kulit, mata dan pencegahan kanker.
Hal ini tidak berarti bagian merah adalah satu-satunya yang baik, semua bagian dari buah semangka baik, termasuk daging putih yang dekat dengan kulitnya yang banyak mengandung asam animo citrulline, menurut sebuah studi pada tahun 2005 di Journal of Chromatography.
Citrulline adalah asam amino yang sangat berharga yang dikonversi menjadi asam amino arginin. Asam amino ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke jantung, meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurut penelitian di Texas A&M University, asam amino arginin dapat meningkatkan disfungsi ereksi.
BACA JUGA: 7 Manfaat Luar Biasa dari Mentega Cokelat
Menurut analisis International Journal of Nutrition and Food Sciences, biji semangka jika dikupas mengandung gizi yang tinggi. Biji semangka banyak mengandung protein, magnesium, vitamin B dan lemak baik.
Berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung pada buah semangka menurut Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS, Yang mengatur pelabelan makanan melalui Undang-undang Pelabelan dan Pendidikan Nasional.
Ukuran penyajian 2 potong dadu (10 oz / 280 g)
Kalori : 80 (kalori dari lemak 0)
Total lemak : 0 g (0%)
Total Karbohidrat : 21 g
Serat makanan : 1 g
Gula : 20 g
Kolesterol : 0 g
Sodium : 0 mg
Kalium : 270 mg
Protein : 1 g
Vitamin A : 30 %
Vitamin C : 25 %
Kalsium : 2 %
Besi : 4 %
Berikut 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Mencegah Penyakit yang perlu Anda ketahui

1. Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Jantung
Tingkat tinggi kandungan likopen pada buah semangka sangat efektif untuk melindungi sel dari kerusakan dan dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian dari Purdue University, ekstrak semangka dapat membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas.
2. Manfaat Buah Semangka untuk Menurunkan Tekanan Darah
Semangka sangat penting bagi wanita tua yang telah memasuki masa Menopause. Mengkonsumsi ekstrak semangka selama sekitar 6 minggu mengalami penurunan tekanan darah dan kekauan arteri dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi ekstrak semangka. Para peneliti mengaitkan manfaatnya dengan citrulline dan arginine.
Arginine dapat membantu meningkatkan aliran darah dan dapat membantu mengurangi akumulasi lemak berlebih.

BACA JUGA: 10 Bahan Kecantikan Alami dari India Kuno
3. Manfaat Buah Semangkat sebagai Sifat Anti-Inflamasi
Likopen dalan buah semangka menjadikannya sebagai buah anti-inflamasi. Likopen merupakan penghambat berbagai proses inflamasi dan juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radaikal bebas. Selain itu buah semangka mengandung Kolin, yang membantu menjaga peradangan kronis.
Mengurangi peradangan tidak hanya baik untuk orang yang menderita radang sendi. “Ketika Anda sakit, Anda mengalami kerusakan sel, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, merokok, polusi, penyakit sehingga tubuh Anda menjadi meradang,”. Ini disebut Peradangan Sistemik. Dengan cara ini, makanan anti-inflamasi dapat membantu dengan kekebalan secara keseluruhan.
4. Manfaat Buah Semangka untuk Hidrasi
Buah Semangka dapat membantu degidrasi secara keseluruhan, Tubuh Anda bisa mendapatkan 20-30 persen dari kebutuhan cairan melalui diet kita sendiri. Selain itu jus semangka diketahui memiliki elektrolit yang baik yang dapat membantu mencegah stroke panas.
5. Manfaat Buah Semangka untuk Pencernaan
Semangka mengandung serat, yang dapat mendorong saluran pencernaan tetap sehat dan membantu Anda untuk tetap hidup teratur.
6. Manfaat Semangka untuk Kulit dan Rambut
Vitamin A dalam kandungan semangka sangat bagus untuk kulit Anda. Sepotong semangka mengandung hampir seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan. Vitamin A membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab dan juga mendorong pertumbuhan kolagen dan sel elastin untuk tetap sehat. Vitamin C pada buah semangka juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan kolagen yang sehat pada kulit dan rambut Anda menurut Klinik Cleveland.
BACA JUGA: 10 Minuman Untuk Kulit Bercahaya
7. Manfaat Buah Semangka untuk Nyeri Otot
Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 oleh Journal of Agricultute and Food Chemistry, Asam Amino semangka citrulline dan arginine dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Seseorang yang mengkonsumsi jus semangka secara intens dapat membantu mengurangi nyeri otat dan detak jantung pada hari berikutnya.
Selain itu menurut Journal of Applied Phsyology menunjukkan bahwa citrulline semangka juga dapat meningkatkan kinerja bagi para atlit olahraga.
8. Manfaat Buah Semangka Untuk Pencegahan Kanker
Menurut National Cancer Institute, Seperti buah-buahan dan sayuran lainnya, Buah semangka dapat mengurangi resiko penyakit kanker melalui sifat antioksidannya. Lycopene khususnya telah dikaitkan dapat mengurangi proliferasi sel kanker prostat.
10. Manfaat Buah Semangka Untuk Menurunkan Berat Badan.
Mengkonsumsi makanan padat air seprti Buah Semangka bisa menurunkan berat badan karena buah ini dapat membantu Anda untuk tetap kenyang.

Jadi mulai sekarang makanlah lebih banyak buah dan sayuran dalam bentuk apapun, karena secara alami akan membantu mengurangi keseluruhan kalori (energi) dari makanan. Dan Anda perlu tahu bahwa orang yang suka mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang lebih tinggi biasanya memiliki berat badan yang lebih sehat.
Efek samping dari Buah Semangka
Buah Semangka jika dimakan dalam jumlah yang tidak wajar seharusnya tidak mengakibatkan efek samping yang serius. Namun jika Anda makan banyak buah semangka setiap harinya, Anda mungkin akan mendapatkan masalah karena buah semangka banyak mengandung likopen atau kalium.
BACA JUGA: 10 Cara Alami Meredakan Sakit Kepala
Mengkonsumsi lebih dari 300 mg likopen setiap hari akan berpotensi menyebabkan mual, diare, gangguan pencernaan dan perut kembung. Orang dengan hiperkalemia serius atau terlalu banyak kalium dalam darahnya, tidak diperbolehkan mengonsumsi buah semangka loebih dari satu potong semangka sehari atau yang mengandung sekitar 140 mg kalium dan menurut National Institute of Health, hiperkalemia dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan masalah kardiovaskular lainnya serta berkurangnya kontrol otot.
Rekomendasi dari saya adalah selalu memvariasikan pilihan buah Anda, Namun Semangka adalah buah terhidrasi yang baik bagi tubuh Anda. Jadi simpanlah bersama makanan nabati lainnya yang menawarkan manfaat lain buat kesehatan tubuh Anda.
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by 10 MANFAAT BUAH SEMANGKA UNTUK PENYAKIT and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Baca Juga  Obat Kanker? : Aplikasi Terapeutik Sediaan Radiofarmasi
Default image
Dunny Nasution
Articles: 875

Leave a Reply

error: Content is protected !!