18 Manfaat Kulit Pisang untuk Makanan

Buah pisang adalah salah satu buah yang digemari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Buah pisang juga sering diolah menjadi berbagai bentuk makanan seperti gorengan atau keripik.

Selama ini, orang-orang hanya mengkonsumsi bagian dalam dari pisang saja dan membuang kulit pisang. Ternyata kulit pisang juga bisa dikonsumsi dan memiliki berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • Potasium,
  • Asam amino esensial,
  • Serat,
  • Lemak tak jenuh tunggal,
  • Vitamin B6 dan B12,
  • Zat besi,
  • Fosfor,
  • Magnesium,
  • Mangan,
  • Vitamin C,
  • Vitamin E.

Dengan kandungan seperti di atas, dapat dipastikan bahwa kulit pisang memiliki nutrisi yang baik dan dapat berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Lalu, apa manfaat kulit pisang? Berikut ini beberapa manfaat kulit pisang untuk makanan, kecantikan, dan kesehatan.

1. Membuat daging menjadi lebih empuk

Kulit pisang dapat digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Cara memasaknya adalah dengan meletakkan kulit pisang terlebih dahulu dalam wadah masakan dan meletakkan daging di atasnya.

Kulit pisang ini akan menjaga daging tetap lembab dan lembut saat dimakan. Cita rasa dari daging juga terasa berbeda dengan kulit pisang.

2. Mengurangi radang dan gatal pada tubuh

Berdasarkan penelitian di Thailand, kulit pisang memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi reaksi dan gejala radang yang disebabkan oleh berbagai hal termasuk gigitan serangga.

Berbagai reaksi gatal yang disebabkan oleh alergi juga dapat disembuhkan secara ampuh oleh kulit pisang dengan cara menggosokkan kulit pisang pada kulit yang gatal.

3. Menurunkan kolesterol

Kulit pisang memiliki serat makanan yang cukup tinggi dan baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kamu dapat rutin mengkonsumsi kulit pisang.

Baca Juga  penyakit landak ternak

4. Mengatasi depresi

Kandungan potasium dan serat yang mudah larut pada kulit pisang dapat meningkatkan kadar serotonin dan memperbaiki suasana hati seseorang. Kulit pisang yang dijadikan makanan dan dikonsumsi dapat mengurangi rasa depresi dan memperbaiki mood kamu.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Kulit pisang mengandung senyawa triptofan yang tinggi dan dapat mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Kulit pisang dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

6. Menurunkan berat badan

Kulit pisang mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk menjaga berat badan tetap langsing dan stabil. Berat badan yang berlebihan dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kulit pisang yang telah dijadikan makanan secara teratur.

7. Meningkatkan kesehatan penglihatan

Kulit pisang juga mengandung lutein yang bagus untuk melindungi penglihatan. Kulit pisang yang dijadikan makanan dapat mencegah katarak dan menjaga kesehatan mata. Untuk kamu yang ingin memiliki mata sehat, dapat membuat makanan dari kulit pisang serta mengkonsumsi secara teratur.

8. Melancarkan buang air besar

Bukan hanya buah pisang yang dapat melancarkan buang air besar, kulit pisang juga dapat memperlancar buang air besar. Kamu dapat mengolah kulit pisang menjadi makanan dan mengkonsumsi secara teratur untuk melancarkan saluran pencernaan kamu.

9. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Kulit pisang dapat meningkatkan sistem imun dan jaringan dalam tubuh dengan cara mengolah kulit pisang menjadi makanan dan mengkonsumsinya. Kandungan berbagai vitamin dalam kulit pisang dijamin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Menjaga kesehatan rambut

Kulit pisang dapat dijadikan masker rambut yang menjaga kesehatan rambut dan membuat rambut menjadi lebih lembut. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menghancurkan kulit pisang dengan blender dan mengoleskan ke rambut sebelum keramas.

Baca Juga  Kayu Stigi

11. Meredakan sakit kepala dan migrain

Sakit kepala dan migrain adalah sakit yang dapat mengganggu aktivitas, kulit pisang dapat membantu untuk meredakan rasa nyeri ini. Kamu dapat menghancurkan atau menumbuk kulit pisang dan menempelkannya di dahi.

12. Menyembuhkan luka dan memar kulit

Luka dan memar kulit dapat diatasi dengan menggunakan kulit pisang. Kulit pisang yang digosokkan pada luka lalu dibersihkan, dapat menyembuhkan luka.

Kulit pisang yang ditempelkan pada memar semalaman, dapat menghilangkan memar kulit dan meredakan rasa nyeri dari memar.

13. Mencerahkan wajah

Kulit pisang juga sangat bermanfaat untuk mencerahkan wajah dan membantu untuk memutihkan wajah. Caranya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan kulit pisang ke wajah saat akan tidur malam dan membilas wajah saat pagi hari.

14. Mengatasi jerawat

Kulit pisang mengandung vitamin B6, C, B, magnesium, dan zat besi yang sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Kulit pisang juga mengandung antioksidan yang dapat menyerap minyak berlebihan pada wajah dan mencegah munculnya jerawat.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat dan mendiamkannya selama 30 menit. Lalu, wajah dapat dibilas dengan air bersih.

15. Menjaga kesehatan gigi

Kulit pisang dapat menjaga kesehatan gigi dan memutihkan gigi yang kuning. Ini karena kulit pisang mengandung mangan dan magnesium yang dapat memutihkan gigi dan mencegah bakteri pada gigi secara efektif.

Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi sebelum kamu menggunakan pasta gigi. Ini dapat dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Menghilangkan mata panda

Kulit pisang yang dicampur dengan lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda. Kamu dapat mengoleskan dan mendiamkannya pada daerah sekitar mata selama 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air yang bersih.

Baca Juga  PORCUPINE BEZOAR "Believe to SAVE your life"

17. Mengurangi kerutan pada wajah

Kulit pisang yang sudah ditumbuk dan dicampur dengan kuning telur dapat membantu untuk mengurangi kerutan pada wajah. Campuran ini dapat dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 5 menit, kemudian dibilas dengan air bersih.

18. Membentuk otot tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, kulit pisang yang dikonsumsi secara teratur dapat membentuk otot tubuh. Selain itu, kulit pisang juga memberikan pengaruh pada metabolisme karbohidrat.

Demikian beberapa manfaat kulit pisang untuk makanan, kecantikan, dan kesehatan. Kamu dapat mencoba untuk tidak membuang kulit pisang serta mengolah menjadi berbagai bentuk yang bermanfaat untuk tubuh.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by 18 Manfaat Kulit Pisang untuk Makanan and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

error: Informasi ini Dilindungi !!