6 Cara Menentukan Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam ternak landak mini. Apabila sobat erat ingin budidaya landak mini sebaiknya kalian harus jeli dalam menentukan indukannya, entah untuk indukan jantan maupun betina. Sebab kualitas indukan akan mempengaruhi keturunan yang akan dilahirkan.

Jika kalian mengawinkan indukan landak mini yang kualitasnya buruk, maka akan menghasilkan anak yang jelek pula. Namun sebaliknya jikalau kualitas dari indukan baik maka akan menghasilkan keturunan yang baik sehingga sanggup menerima untung yang terbaik.

Bagaimana cara membeli indukan landak mini yang baik dan cantik untuk diternakkan?

Teknik Memilih Indukan Landak Mini

Paling tidak ada 5 faktor yang membuat indukan landak mini menjadi berkarakter. Apa saja?

1. Umur Induk Harus Matang

 Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam  6 Teknik Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Yang pertama ditinjau dari segi usia indukan landak mini. Pilihlah Indukan yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Baik untuk jantan maupun betina. Ingat ya sob 6 bulan tidakboleh kurang dari 6 bulan lantas indukan betina sudah dikawinkan. Sebab di usia tersebut sistem reproduksi dan mental sudah siap. Sehingga bayi yang ada di dalam kandungan lebih berkarakter.

Sistem reproduksi yang belum siap namun sudah dipaksa untuk melahirkan biasanya akan merugikan si betina, sanggup jadi ia tidak sanggup dikawinkan lagi atau tidak sanggup melahirkan lagi. Karena sistem reproduksinya sudah rusak akhir perkawinan dibawah usia 6 bulan.

2. Indukan Landak Mini Sehat dan Kuat

 Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam  6 Teknik Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Memilih indukan yang sehat dan berpengaruh sudah terang menjadi prioritas utama. Bila salah satu indukan ada yang sakit maka tidakboleh dipilih alasannya ialah akan berakibat jelek pada keturunannya nanti. Standart indukan sehat ialah:

  • Tidak ada cacat badan dan kulitnya mulus tidak scabies alias korengan.
  • Hidung dan mata landak mini tidak mengeluarkan cairan atau belek. Jika mengeluarkan kemungkinan besar itu penyakit.
  • Yang jantan biasanya lebih agresif.
  • Tidak ada lecet di belahan kaki.
Baca Juga  Foreigners caught stealing valuable agarwood trees

3. Bersih dan Terawat

 Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam  6 Teknik Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Teknik menentukan indukan landak mini yang ketiga ialah melihat kondisi tubuhnya. Apakah membersihkan atau kotor, terutama di kawasan perut. Sebab landak mini yang kotor mengatakan kurang baiknya dalam merawat landak mini. Biasanya pemilik sebelumnya malas memmembersihkankan sangkar dan mengganti substrat. Kaprikornus carilah yang baik dan membersihkan.

Baca: cara merawat landak mini yang baik dan benar

4. Induk Landak Mini Sudah Jinak

 Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam  6 Teknik Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Tips selanjutnya ialah menentukan indukan yang jinak. Untuk mengetahui apakah indukan landak mini jinak atau tidak ialah dengan memegangnya. Apabila ia gulung gulung kemudian kembali ke posisi tiruanla kemudian mengendus endus tangan anda berarti beliau tidak takut dengan anda. Namun jikalau beliau bertingkah galak alias takut maka ia belum jinak. Indukan yang belum jinak dan galak akan menurun pada anaknya dan kemungkinan besar susah untuk dikawinkan.

Baca: cara menjinakkan landak mini bagi pemula

5. Dari Keturunan yang Berbeda

 Memilih indukan landak mini ialah salah satu tahapan dalam  6 Teknik Memilih Indukan Landak Mini Yang Berkualitas

Teknik yang kelima yang ini  juga tidak kalah penting sob. Pilihlah indukan yang berasal dari keturunan yang tidak sama. Jangan yang saudara kandung atau sedarah. Karena hasil perkawinan dari indukan yang sedarah akan menghasilkan anak yang cacat atau sakit. Jika anak yang dilahirkan dari indukan yang tidak sama keturunan maka akan menghasilkan indukan yang sehat.

6. Membeli Landak Mini yang Sejenis

Memilih landak mini yang homogen bukan berarti sedarah. Misalnya kalau kalian ingin menghasilkan landak mini jenis pinto maka pilihlah indukan jantan dan betina dari jenis pinto juga. Jangan kalian mengawinkan antara jenis landak mini albino dengan pinto. Sebab akhirnya niscaya tidak sama.

Baca Juga  箭猪枣,豪猪枣 Porcupine Dates: 箭猪枣的部分分析

Baca juga: cara ternak landak mini yang baik dan menguntungkan

Itulah 5 poin tips memilih indukan landak mini jantan dan betina yang simpel dan baik bagi pemula. Baiklah itu saja dari kami. Semoga artikel ini bermanfaa bagi anda tiruana. sekian terimakasih.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by 6 Cara Menentukan Indukan Landak Mini Yang Berkualitas and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 873

Leave a Reply

error: Content is protected !!