Banyak Manfaat Belajar Musik Sejak Usia Dini, Apa Saja?

Bagi beberapa orang menganggap bila Bahasa universal yang bisa diterima dimanapun, tanpa ada Batasan yuridis, geografis, ataupun politik adalah Bahasa Inggris. Namun, kenyataannya, bahasa universal yang akan diterima dimanapun sampai penjuru dunia yaitu musik.

Musik, walaupun kita tidak mengerti lirik yang disampaikan di dalamnya, hampir setiap orang dapat menikmati emosi yang terkandung di dalam lagu tersebut.

Baik itu emosi bahagia, sedih, sepi, dan lainnya. Musik memiliki kekuatan seperti sihir yang bisa membuat kita, sebagai pendengar, bisa merasakan senang, sedih, gembira, marah, tenang, hingga bersemangat, hanya dengan mendengarnya.

Kekuatan musik emang sangat hebat dan mengagumkan. Terlebih, bila dimainkan berbarengan dengan alat musik. Berbagai alat musik tersebar di seluruh dunia. Beberapa diantaranya bahkan hanya bisa ditemukan di negara – negara tertentu.

Alat musik seperti piano, harmonica, gitar, biola, drum, hingga angklung, kecapi, dan gamelan. Semuanya memiliki perpaduan suara yang pas bila dipadukan dengan musik. Oleh karena itu, mempelajari musik sejak usia dini adalah salah satu yang memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut ini beberapa manfaat mempelajari musik sejak usia dini. Simak selengkapnya dibawah ini.

  • Musik Merupakan Bagian Ekspresi dari Manusia

Manfaat belajar musik sejak usia dini yang pertama yaitu dengan musik, manusia lebih mudah mengekspresikan perasaannya secara terbuka.

Dan, bagi beberapa orang, musik dinilai lebih dapat mengekpresikan perasaan dibandingkan kata – kata. Musik bisa dijadikan alternatif untuk menyampaikan perasaan yang ada di dalam hati kita.

Bisa saja kita sangat gembira dan bersemangat saat dengar lagu ‘Manusia Kuat’ milik Tulus, atau bisa saja sedih saat mendengar lagu ‘Someone You Loved’nya Lewis Capaldi. Dan bisa jadi hati terasa bergetar saat mendengar lagu ‘Believer’ Imagine Dragons, bahkan merasa sangat jatuh cinta kepada seseorang ketika mendengar lagu ‘Cinta Luar Biasa’ milik Andmesh Kamaleng.

Baca Juga  membeli geliga landak/batu landak

Apapun musik yang didengarkan pasti dapat membangun emosi yang ada di dalam diri kita. Itulah mengapat dikatakan musik memiliki kekuatan untuk memainkan emosi dan eskpresi. Dan ekpresi adalah bagian dari jiwa manusia yang mampu mempengaruhi dan memainkan emosi di dalam manusia.

Baca juga: Manfaat Disiplin Belajar

  • Mengenal berbagai budaya di dunia

Manfaat belajar musik sejak usia dini bisa juga mengenal berbagai budaya di dunia. Bagi mereka yang serius belajar musik, tidak akan puas bila hanya belajar satu atau dua gubahan dari musisi tertentu. Oleh karena itu, mereka akan tertarik untuk lebih belajar secara mendalam tentang genre musik yang mereka pilih. Dan belajar lebih banyak gubahan – gubahan musik dengan warna musik berbeda.

Mereka akan belajar mulai dari sejarah hingga cara memainkan alat music tersebut hingga mahir. Dan secara tidak langsung, mereka yang belajar musik akan mengetahui sejarah – sejarah yang pernah ada di dunia terkait dengan musik yang ia pelajari.

Terlebih, setiap negara memiliki budaya musik yang berbeda – beda, termasuk negara Indonesia. Di negara Indonesia, banyak sekali alat music mulai dari modern hingga tradisional yang berbeda tersebar di berbagai daerah. Walaupun berada di dalam satu wilayah, Jawa misalnya, namun perbedaan musik dan alat musik antara Jawa Barat dan Jawa Timur sangatlah kontras.

Mengukur dari sini saja, kita akan tahu bagi mereka yang belajar musik akan secara tidak langsung mengenal pula budaya – budaya yang ada di dunia.

Baca juga: Manfaat Belajar Sejarah Bagi Kehidupan

  • Melatih Kosentrasi dan Ketekunan

Selanjutnya adalah dengan bisa belajar musik sejak usia dini bisa melatih ketekunan dan konsentrasi pada otak. Belajar pada dasarnya membutuhkan konsentrasi yang penuh agar mampu menguasai sesuatu. Dan belajar musik adalah salah satu yang mamu meningkatkan konsenterasi dan keseriusan untuk bisa menguasai satu alat musik dan gubahannya.

Baca Juga  18 Manfaat Kulit Pisang untuk Makanan

Dan belajar musik membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Dan tidak akan cukup dilakukan satu atau dua hari saja. Oleh karena itu perlu waktu yang luang untuk bisa mempelajari musik hingga mahir.

Seperti contohnya, butuh waktu untuk menguasai biola hingga berbulan – bulan lamanya. Dan setelah mahir, biasanya butuh bertahun – tahun untuk menguasai satu gubahan musik yang kompleks seperti Chaconne from Partita No.2 dari Bach.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik Instrumental

  • Dapat membuat kita lebih sensitif dan peka

Selanjutnya yaitu dengan belajar musik, dapat membuat kepekaan dan kesensitifan diri lebih meningkat. Hal ini bisa semakin meningkat ketika kita bermain musik bersama – sama dengan teman. Biasanya beberapa orang membentuk sebuah band atau grup musik tertentu untuk menikmati musik.

Dengan musik, bisa menyatukan perasaan antara temanmu yang lain. Dan perasaan yang menyatu ini bisa membuat kita lebih sensitif dan lebih peka.

Baca juga: Manfaat Mendengarkan Musik Saat Tidur

  • Meningkatkan Keseimbangan Koordinasi Tubuh

Manfaat belajar musik sejak usia dini mampu meningkatkan keseimbangan koordinasi tubuh . Dengan berlatih musik secara terus menerus, mampu membuat koordinasi tubuhmu lebih seimbang dan terkoordinasi.

Hal ini bisa dilihat saat kamu baru mulai belajar gitar. Saat belajar di awal, kita akan tertatih – tatih untuk memindahkan jari dari kunci ke kunci lainnya. Namun bila dilakukan secara terus menerus, jari jemari akan terbiasa dan kamu bisa lebih piawai dalam memindahkan jari untuk memainkan kunci ke kunci lainnya.

Demikian beberapa manfaat belajar musik sejak usia dini yang harus kamu tahu.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Banyak Manfaat Belajar Musik Sejak Usia Dini, Apa Saja? and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Baca Juga  Manfaat Sabun Bamboo Untuk Kesehatan Kulit
error: Informasi ini Dilindungi !!