Ciri-ciri, Gejala, Tanda-tanda Penyakit Asam Urat

Perpustakaan Cyber (15/5/2014) – Gangguan penyakit asam urat memang bisa sangat mengganggu. Bukan hanya menyakitkan, asam urat juga semakin membatasi aktivitas penderitanya. Memang butuh proses dalam penyembuhannya. Namun jika masih dapat dihindari, resiko penyakit asam urat masih dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan tubuh. 
Pengetahuan akan penyebab asam urat juga harus dimiliki. Secara garis besar, asam urat dapat diakibatkan oleh konsumsi makanan yang kurang sehat dan berlebih, terganggunya fungsi ginjal, kanker, gagal jantung, jumlah purin yang melebihi batas dan kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan. Namun langkah antisipasi juga tidak akan berjalan efektif tanpa mengetahui gejala penyakit asam urat. Untuk itu, berikut ini adalah ciri-ciri penyakit asam urat :
  1. Munculnya rasa nyeri pada bagian sendi. Rasa nyeri tersebut biasanya kerap dialami pada saat bangun tidur dan pada malam hari. Namun pada gejala awal, rasa sakit ini biasanya akan menghilang dalam waktu 5 sampai 7 hari tanpa pengobatan sama sekali. Pada tahap artritis gout akut ini, penderita asam urat biasanya masih belum menyadari bahwa dirinya sudah terkena penyakit asam urat. Bahkan dokter yang melakukan pemeriksaan juga kerap terkecoh dengan kondisi ini. Setelah 5 sampai 7 hari, penderita asam urat akan kembali merasa sehat. Namun masa-masa ini hanya terjadi selama 1 hingga 10 tahun. Pada sebagian besar kasus, kondisi ini biasanya berlangsung selama 1 sampai 2 tahun saja. Tahap ini biasa dikenal dengan istilah gout interkritikal.
  2. Gejala tahap kedua adalah artritis gout akut intermiten. Pada tahapan ini, penderita akan lebih sering mengalami nyeri pada sendi. Awalnya jarak antar serangan memang cukup jauh. Namun semakin lama selisihnya semakin rapat, makin lama dan jumlah sendi yang terasa nyeri juga semakin banyak. Biasanya pada tahap inilah penderita baru menyadari bahwa dirinya sudah terkena asam urat.
  3. Jika tidak segera diobati, penderita akan beralih ke gejala tahap ketiga yang juga disebut dengan istilah artritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi jika penderita asam urat telah menderita sakit selama 10 tahun atau bahkan lebih. Pada tahap ini, akan muncul benjolan-benjolan di sekitar sendi. Bejolan-bejolan ini dikenal dengan sebutan tofus. Tofus ini berisi serbuk seperti kapur dan terasa keras saat dipegang. Tofus inilah yang nantinya menyebabkan kerusakan pada bagian sendi dan tulang disekitarnya.
  4. Selain nyeri, penderita asam urat juga akan merasa kesemutan, linu dan ngilu pada bagian persendian. Rasa sakit ini memang bisa muncul di sendi manapun. Akan tetapi area yang paling sering diserang asam urat adalah lutut, sikut, tangan, kaki, pergelangan kaki dan punggung. Jika kondisinya sudah parah, maka persendian akan terasa sakit saat digerakkan.
Baca Juga  semua tentang landak mini

Saat mencapai tahap artritis gout akut intermiten, penderita asam urat harus segera memeriksakan kondisinya ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memperoleh diagnosa yang lebih jelas sehingga dapat dilakukan upaya pengobatan. Saat ini ada banyak jenis obat asam urat. Ada yang hadir dalam bentuk obat kimia, ada juga yang hadir dalam bentuk jamu. Namun sebelum mengkonsumsi obat-obat tersebut, penderita asam urat sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Selain mengobati dengan obat-obatan atau jamu, pasien juga perlu melaksanakan diet ketat. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Daging merah, olahan daging, jeroan, makanan laut, daging unggas, beberapa jenis sayuran seperti daun pepaya, daun singkong, kangkung, asparagus, bayam, buncis dan kol jamur kuping, durian, nanas, melinjo, tempe, susu kedelai, gorengan dan makanan tinggi protein dan lemak harus dihindari.


Semoga artikel mengenai Asam Urat menambah wawasan kita. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Ciri-ciri, Gejala, Tanda-tanda Penyakit Asam Urat and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!