Categories: Tak Berkategori

Inilah Mengapa Anda Hanya Harus Belajar Selama 30 Menit Peregangan

Published by
Dunny Nasution

Setiap orang akan teralihkan dari waktu ke waktu, bahkan ketika menyangkut tugas-tugas penting. Sebagai seorang mahasiswa, saya harus belajar bagaimana menyeimbangkan waktu luang saya dengan tugas kuliah. Berikut adalah beberapa tip yang saya temukan untuk membantu mempertahankan fokus ketika Anda lebih suka melakukan sesuatu yang lain.

1. Tetapkan Batas Waktu

Cobalah bekerja selama 30-45 menit berturut-turut, lalu istirahat 10-15 menit. Sebuah studi dari Kansas State University merekomendasikan untuk memberi diri Anda waktu tertentu untuk setiap mata pelajaran. Dengan begitu Anda akan dapat tetap fokus pada satu topik, mengetahui bahwa Anda masih punya waktu untuk mengerjakan yang lain. Beri diri Anda waktu istirahat untuk menghilangkan hasrat media sosial dari sistem Anda, tetapi ketika waktunya habis, dorong diri Anda untuk kembali bekerja. Putar sebanyak yang Anda bisa dalam setengah jam dan lihat seberapa jauh Anda bisa mencapainya.

2. Minum Air

Sungguh menakjubkan betapa fokusnya perasaan Anda ketika Anda minum air. Tetap terhidrasi benar-benar memberikan keajaiban bagi otak Anda. Jangan lupa sesekali makan snack juga. Mencoba bekerja ketika yang dapat Anda pikirkan hanyalah perut kosong tidak akan membantu Anda tetap pada tugas.

3. Selesaikan Hal-Hal Kecil Terlebih Dahulu

Setelah Anda membuat daftar, mulailah dengan tugas-tugas kecil dan lanjutkan ke tugas-tugas besar. Sangat memotivasi untuk melihat hal-hal dicoret, dan begitu hal-hal kecil disingkirkan, hal-hal besar tampaknya tidak terlalu buruk. Juga, dengan membiarkan diri Anda menjadi produktif dengan cara yang lebih kecil, Anda melakukan pemanasan untuk menjadi produktif dalam proyek-proyek besar Anda. Ketika Anda mendapatkan rasa penyelesaian itu, Anda akan memiliki keinginan untuk terus berjalan.

4. Tetap Terorganisir

Menyimpan semua materi Anda di satu tempat adalah elemen kunci kesuksesan. Ketika ada kekacauan di lingkungan kerja Anda, itu membuat otak Anda lebih sulit untuk fokus pada apa yang seharusnya dilakukan. Di atas segalanya, pastikan Anda merasa nyaman dengan suasana tempat Anda berada. Sementara beberapa orang dapat tetap fokus dalam “kekacauan terorganisir” mereka sendiri, benar-benar mengetahui lingkungan terbaik untuk diri sendiri adalah kuncinya.

5. Istirahat

Jika Anda menemukan Anda telah duduk di meja Anda selama enam jam berturut-turut mencoba mengerjakan sesuatu tetapi Anda tidak bisa membuat diri Anda fokus, istirahatlah. Berjalan-jalan sebentar untuk meregangkan tubuh, atau pergi makan camilan. Jika Anda sepertinya tidak bisa membuat otak Anda fokus pada pekerjaan Anda, istirahatlah.

6. Hapus Gangguan

Telepon mengganggu, jadi silakan dan simpan telepon Anda ketika Anda mencoba untuk fokus pada sesuatu. Letakkan di suatu tempat Anda tidak dapat melihatnya. Lebih baik lagi, berikan kepada teman dan beri tahu mereka untuk tidak mengembalikannya sampai Anda selesai dengan pekerjaan Anda. Jika teman Anda adalah pengalih perhatian, jangan mencoba menyelesaikan pekerjaan di sekitar mereka. Jika Anda tahu Anda akan kesulitan memperhatikan pekerjaan Anda saat mereka ada di sekitar Anda, jangan coba-coba bekerja di sekitar mereka.

7. Gunakan Hadiah

Jika Anda mencoba membaca 20 halaman buku teks, katakan pada diri sendiri bahwa di akhir setiap halaman Anda dapat makan camilan atau memeriksa ponsel Anda sebentar. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk bekerja tanpa henti tanpa istirahat dan penghargaan. Jika Anda terus-menerus mendorong diri sendiri untuk menyelesaikan sesuatu tanpa penguatan positif selama proses berlangsung, otak Anda akan kesulitan mencapai garis finis.

8. Dengarkan Musik

Terkadang bekerja dengan kebisingan latar belakang dapat membuat Anda merasa tidak mungkin menyelesaikan sesuatu. Kadang-kadang, menyenangkan untuk bekerja dalam keheningan total. Namun, itu bisa menjadi terlalu banyak, dan sedikit kebisingan latar belakang sangat membantu. Jangan mencoba bekerja dengan album yang dimainkan oleh artis favorit Anda jika Anda cenderung ikut bernyanyi. Coba dengarkan artis baru yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya (jadi Anda tidak akan tahu kata-katanya) atau dengarkan soundtrack film favorit Anda.

9. Buat Daftar

Membuat daftar tugas mungkin terasa berlebihan, tetapi ini bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Dengan secara fisik menuliskan daftar semua hal yang perlu Anda selesaikan, Anda menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Tujuan tersebut lebih mudah dicapai jika Anda dapat melihat semuanya di satu tempat. Purdue University Global merekomendasikan menangani daftar dalam urutan yang mencerminkan suasana hati Anda. Jika Anda merasa sangat di atas segalanya, maka Anda harus mengerjakan salah satu proyek besar dalam daftar Anda. Jika Anda merasa sedikit gelisah, cobalah mencoret beberapa hal yang lebih mudah. Pastikan untuk mengingat item mana dalam daftar Anda yang paling penting sehingga Anda tidak mengabaikannya secara tidak sengaja.

10. Jangan Menunda-nunda

Menunda-nunda bisa membuat Anda merasa bingung saat mencoba menyelesaikan sebuah proyek. Ini mengarah pada kelupaan dan kesalahan, yang dapat membuat Anda lebih stres. Jika Anda mengatur waktu Anda sebelum terlambat, seluruh proses kerja Anda akan mengalir lebih lancar. Pastikan saat memutuskan proyek mana yang akan dikerjakan, Anda juga meluangkan waktu untuk memprioritaskan. Memprioritaskan hal-hal yang perlu Anda selesaikan akan membantu Anda menghindari penundaan.

Dunny Nasution

Recent Posts

Seperti Apa Sebenarnya Menjadi Perawat Anestesi?

Setelah menghabiskan banyak waktu di dunia kerja, Anda sekarang tahu bahwa tidak ada yang namanya…

8 Agustus 2022

LVN vs LPN Benarkah Ada Perbedaan?

LPN, LVN, RN, BSN, MD, DPT, CNA—bidang perawatan kesehatan tidak kekurangan akronim terkait karier. Jika…

8 Agustus 2022

Apakah RN ke BSN Layak? 9 Alasan untuk Mempertimbangkan Memajukan Pendidikan Keperawatan Anda

Anda telah bekerja sebagai perawat terdaftar (RN) untuk sementara waktu sekarang dan pengalaman Anda hanya…

8 Agustus 2022

Pensiun Baby Boomer: Mengapa Perawat Baru Harus Bersemangat

Anda tidak dapat memikirkan perawatan kesehatan tanpa memikirkan perawat, dan untuk alasan yang bagus. Perawat…

8 Agustus 2022

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Memilih Program Jembatan LPN-ke-RN

Baik Anda telah bekerja sebagai perawat praktik berlisensi (LPN) selama beberapa dekade atau baru saja…

7 Agustus 2022

Pro dan Kontra LPN Tampilan Praktis

Dulu Anda mengira menjadi perawat adalah tujuan karier yang langsung—tetapi kemudian Anda mulai meneliti pilihan…

6 Agustus 2022

This website uses cookies.