loader image

Landak Berbahaya Namun Penuh Manfaat

Landak Berbahaya Namun Penuh Manfaat – Landak adalah hewan pengeran (Rodentia) yang memiliki rambut tebal dan berbentuk duri tajam. Jika dilihat dari parasnya Landak mirip dengan tikus namun tubuh landak lebih besar dan yang menjadi ciri khas satwa langka ini adalah bagian tubuhnya yang ditumbuhi rambut yang mengeras berupa duri panjang dan runcing, duri-duri pada bagian tubuh landak ini akan mengembang apabila dirinya merasa terancam, secara umum landak memiliki dua macam rambut yaitu rambut yang halus dan rambut yang mengeras seperti duri.

Landak Sebagai Hewan Herbivora

Landak secara umum adalah hewan herbivora yang menyukai buah, daun, batang dan kulit kayu yang dileput dengan gigi seri yang besar, tapi tidak memiliki taring. Landak merupakan mamalia soliter dan banyak beraktifitas dimalam hari (nokturnal). Landak memiliki 2 telinga berukuran kecil, ekor pendek, 2 pasang kaki yang pendek, memiliki 4 jari pada setiap kaki depan dan 5 jari pada setiap kaki belakang.

Landak Berbahaya Namun Penuh Manfaat

Landak betina dapat melahirkan hingga 4 empat ekor anak dan dapat beranak hingga 2 kali dalam setahun, sebelum melahirkan landak betina menggali tanah dan membuat ruangan dalam lubang, anak-anak landak menyusui dan tinggal sampai lima bulan dengan induknya walaupun pada 2 minggu setelah masa kelahirannya anak-anak landak dapat mengunyah makanan umbi-umbian.

Landak merupakan salah satu satwa mamalia yang terancam punah dan  dilindungi undang-undang, sebagaimana tertuang dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999, dan ada kententuan dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1990 bahwa :

  1. Barangsiapa dengan Sengaja menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup; (Pasal 21 ayat (2) huruf a), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));
  2. Barang Siapa Dengan Sengaja menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan mati (Pasal 21 ayat (2) huruf b), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));
  3. Dengan Sengaja memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh, atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia;
    (Pasal 21 ayat (2) huruf d), diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 40 ayat (2));
Baca Juga  Manfaat Medis dari Bagian Tubuh Landak yang Bernilai Jutaan

Tidak sedikit manusia yang berprofesi sebagai petani “kelapa sawit” menganggap landak sebagai hama tanaman pertanian. Hal itu bisa terlihat dan terdengar ketika kita berada di sekeliling masyarakat yang ada di Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil.

Baca Juga : Manfaat Daging Landak, Santapan Lezat dan Sehat

Meskipun demikian, manusia juga banyak memanfaatkan landak sebagai salah satu bahan untuk obat-obatan yang diperoleh dari geliga landak.

Batu Landak
Geliga landak adalah batu langka yang ditemukan didalam perut seekor landak “tidak semua landak menghasilkan batu”. Mamalia tersebut hidup dihutan dan mereka memliki lapisan duri tajam yang membela mereka dari predator. Landak memiliki vitalitas yang kuat, ketika terluka atau sakit, landak akan mencari herbal untuk menyembuhkan dirinya sendiri, saat penyembuhan berlangsung, batu bisa terbentuk diperutnya. Batu landak memiliki beberapa jenis, diantaranya :

Geliga Berumput

Yang paling aromatic dan pahit dari semua. Serat rumput bisa terlihat jelas pada permukaan. Terlihat lebih kasar dari jenis lainnya. Warnanya coklat kehijauan.

Geliga Tepung

Ketika kurma Grassy telah berada di perut landak untuk beberapa waktu. Ini akhirnya akan menjadi Kurma Tepung. Bukan sebagai aromatik dan pahit seperti kurma Grassy. Batu ini juga berlapis dan setiap lapisan tipis seperti kertas dan mudah diurai. Sebagian besar warnanya adalah coklat kemerahan, pink, dan cokelat. Permukaannya Halus, ia juga berlapis dan memiliki lapisan tipis garis2 disekitarnya. Memiliki aroma herbal yang kaya.

Geliga Grassy-Powderly

Sebuah produk-campuran antara Grassy dan Powderly, Rumput serat kurang terlihat tapi masih sangat aromatik dan pahit. Parameter permukaan kasar dari beberapa Graft gulma, keras dengan sentuhan lembut, Kugan rasa. Kemanjuran obat dekat dengan Powder, namun harganya lebih murah dari kurma Tepung.

Baca Juga  Dunny Nasution : Rahasia Di Balik Geliga Landak

Geliga Hitam

Lebih keras dan lebih gelap, jenis kurma jauh pahit tapi kurang aromatik. Sangat mirip dengan Powderly, tapi lebih gelap.

Geliga Kernal

Sebuah kurma yg ditutupi oleh cangkang buah mengeras. Cukup pahit dan aromatik. Bisa sangat mirip dengan Kurma Hitam.

Geliga Darah

Jenis ini  ilusif sekarang hampir tidak ada karena eksploitasi lebih dari habitat alami landak di sekitar hutan vulcanic. Bentuknya sangat padat, merah berdarah di bagian dalam namun putih di luar. Sangat pahit dan aromatik.

Tidak semua landak menghasilkan Geliga dalam tubuhnya, seekor landak hanya dapat membentuk satu Batu landak, sehingga akan sangat jarang orang mendapatkannya. Karena setiap varus landak, internal struktur, kekebalan, struktur gen dan habitat, struktur tubuh mereka juga bervariasi. Ada yang berbeda di luar, tubuh nada tubuh, kualitas ukuran, dan warna.

Manfaat Batu Geliga Landak

Batu landak yang tinggal lebih lama di tubuh landak akan memiliki besar ukuran, sifat obat, dan kualitas yg lebih baik. Masing-masing Geliga itu memiliki tekstur, warna sendiri, bentuk, ukuran, nilai Medis dan kualitas yg berbeda. Inilah sebabnya mengapa Batu landak begitu berharga.

Endapan protein dan enzim dalam Geliga Landak yg berfungsi sebagai biokatalisator, penetralisir dan antibodi yg membentuk kekebalan organ tubuh. Enzim yg dimaksud bekerja sebagai ‘shelter’ dan sebagai penyaring semua unsur yg masuk dalam pencernaan, pernafasan dan penyerapan yg mendukung metabolisme tubuh.

Dalam tradisi, geliga landak telah digunakan sebagai obat oleh suku-suku bukit di Cina selatan dan Asia Tenggara. Golden Cina medis telah mencatat menggunakan Geliga landak sebagai antiradang, antioksidan, antibodi alami, booster imunisasi, dan detoksifikasi – tubuh.

Dalam masyarakat Cina Malaysia, banyak digunakan sebagai obat alternatif di pengobatan kanker, demam berdarah, meningitis, herpes, infeksi tenggorokan, pneumonia dan lain-lain.

Baca Juga  Geliga Landak atau Batu porcupine Sebagai Obat Alternatif 2021

Leave a Reply

error: Content is protected !!