Makanan Landak Mini | Landak Mini Hedgehog Indonesia

<br /> Makanan Landak Mini | Landak Mini Hedgehog Indonesia<br />


Makanan Landak Mini

Hoy,,, Hoy… sobat RHR… apa kabarnya nih? Ketemu lagi kita di Blog RumaHamsteRikky. Hehehe… Masih inget ga postingan tentang landak kemarin? Hayoo… Kalo lupa, ayo dibuka lagi artikelnya. Oke deh kalo gitu, kali ini saya bakal ngebahas tentang makanan-makanan untuk landak mini. Landak mini ga bisa diberikan sembarang makanan, nih sobat. Mau tau ga apa aja makanannya? Yuk kita simak..
Sobat RHR, tau ga? Landak mini itu termasuk pemakan serangga loh… Karena serangga mengandung protein yang tinggi, maka landak mini juga memerlukan asupan protein yang tinggi. Idealnya kandungan dalam makanan landak mini adalah yang memiliki komposisi lemak (fat) kecil (kurang dari 10%) dan protein yang cukup tinggi (28%-30%). Di Indonesia, makanan khusus untuk landak mini belom ada yang khusus untuk memroduksinya. “Loh kok gitu? Trus kasih makannya apa?” Tenang sobat, walaupun ga ada yang bikin makanannya, tapi kita bisa memeberi makanan yang lain kok. Kita bisa memberikan pakan primer (utama) untuk landak mini anda dengan dry catfood atau dogfood. “Emang landaknya mau?” Pasti mau kok sobat. Ibaratnya kaya kita yang biasa makan nasi kemudian digantikan oleh jagung ataupun kentang, yang memiliki fungsi dan kandungan yang sama.
Dry catfood atau dogfood ini berfungsi sebagai pembangun otot, dan cadangan energi (bukan lemak), Pakan ini juga dirasa yang paling aman untuk landak karena landak juga membutuhkan komposisi yang hampir sama. Yang perlu diingat nih sobat, yaitu jangan lupa untuk tetap memilih jenis pakan yang mengandung bau atau rasa daging yang intensitas “amis”nya cukup tinggi (bisa ayam, ikan, sapi, dll). Tujuannya ialah sebagai pendongkrak nafsu makan dan naluri landak mini agar tetap normal dan bersemangat serta kandungan nutrisi yang dapat mendukung kesehatan dan kebutuhan aktifitasnya sehari-hari.
Selain makanan primer seperti dry catfood ataupun dogfood, landak juga membutuhkan makanan sekunder atau camilan. Camilan yang dapat diberikan pada landak ialah Ulat Hongkong/Jerman, mealworm, jangkrik, kroto, buah-buahan ataupun sayuran, tergantung kesukaan dan pilihan dari setiap individu landak mini. Karena landak mini juga ternyata juga suka pilih-pilih makanan loh… Hehehe… Lucu ya? Oh iya, karena dianggapnya sebagai camilan untuk si landak, maka sebaiknya memberikannya tidak secara berlebihan.
Oh, iya, saya baru inget nih sobat… Walaupun makanan camilan tadi hanya dijadikan sebagai makanan sampingan, tapi kita harus tetap memberikannya pada landak mini.”Kok gitu sih?” Iya, tujuannya ialah untuk menjaga keaktifan dan melatih insting dari berburu dari si landak mini agar kebugarannya tetap terjaga. Selain itu juga karena landak mini juga memerlukan makanan yang segar dan hidup. Karena sifat landak mini yang suka pilih-pilih makanan, terkadang dia juga jenuh terhadap makanan primernya sehingga memerlukan variasi makanan dari camilan yang diberikan kepadanya. Kejenuhan terhadap mekanannya tersebut terlihat jika dalam beberapa hari makanan yang ada di dalam wadahnya tidak berkurang.
Nah, sekarang kita bakal bahas dosis makanan dari si landak mini ini ya, sobat. Untuk makanan primer, dapat diberikan secara bebas, biasanya cukup diberikan 2 sampai 4 sendok makan setiap harinya sepasang landak mini. Camilan dapat diberikan setiap 3 sampai 7 hari sekali pada kondisi normal. Dapat diberikan juga setiap 2 sampai 3 hari sekali pada kondisi pertumbuhan yaitu usia 1 sampai 2,5 bulan. Dalam masa kehamilan induk, diberikan pula makanan camilan 2 sampai 3 hari sekali karena mereka butuh banyak nutrisi untuk menyusui dan saat hamil.
Sobat RHR, landak mini ternyata juga bisa obesitas lho! Landak yang obesitas tersebut harus dikurangi porsi makan setiap harinya. Cara lainnya ialah dengan cara berikan pakan hanya dalam waktu 15-20menit, setelah itu angkat beserta tempat pakannya. Untuk makanan tambahannya disarankan memberikannya hanya dalam jumlah yang sedikit. Selain mengurangi porsi makan, kita juga harus mengajak si landak ini untuk rajin bergerak agar dia berolahraga. Caranya ialah dengan membelikannya joging ball ataupun mengajaknya bermain di luar kandang.
Beberapa hal yang harus diingt oleh sobat RHR ialah ada beberapa jenis makanan yang dilarang diberikan kepada sang landak. “Apa aja itu?” Yang ga boleh kita kasih ke landak ialah produk-produk susu maupun cokelat. Landak tidak dapat menoleransi kandungan laktosa yang ada pada makanan. Jika kita memberikan makanan yang berlaktosa, maka si landak akan mencret ataupun diare dan kemungkinan bisa mati.
Selain makanan yang berlaktosa, kita juga tidak boleh memberikan makanan yang bersifat asam, seperti jeruk, anggur, kismis, atau alpukat. Jika si landak memakan makanan tersebut, maka pencernaannya akan terganggu dan menjadi sakit. Makanan yang mengandung pemanis, pengawet dosis tinggi, zat pewarna, dan makanan yang sudah tercemar oleh kotoran si landak tersebut.
Sobat RHR, gimana nih? Udah tau kan makanan kesukaan dan pantangan bagi si landak mini? Kita harus benar-benar memerhatikan makanan yang diberikan kepadanya agar sang landak tetap sehat dan bugar.(IYP)

Baca Juga  Landak Mini Pinto dan Landak Mini Silver Charcoal

 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Makanan Landak Mini | Landak Mini Hedgehog Indonesia and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 873

Leave a Reply

error: Content is protected !!