Manfaat buah alpukat ( Avokad )

Manfaat buah alpukat ( Avokad ) – Alpukat sering juga disebut avokad yang merupakan kata dari bahasa inggris yaitu ‘Avocado’. Nama latin dari buah alpukat adalah ‘Persea Americana‘ , Dari nama latinnya buah ini diketahui berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko yang dapat dibudidayakan di kawasan tropis seperti indonesia, karena itu buah ini banyak hidup di Indonesia.

Manfaat buah alpukat

Bukan hanya banyak hidupnya di Indonesia, buah alpukat ini juga banyak manfaatnya. Manfaat buah alpukat ini beragam, bukan hanya daging buahnya yang bermanfaat bagian biji buah alpukat biasanya dijadikan bahan pewarna pakaian yang tidak mudah luntur, bisa juga dijadikan obat sakit gigi dan diabetes yang diracik sedemikian rupa. Bagian batang pohonnya juga bisa dijadikan kayu bakar karena mudah mengering.

Pada dunia farmasi daun buah alpukat juga dijadikan obat herbal untuk mengobati kencing batu, nyeri syaraf dan lambung, sakit kepala, darah tinggi dan sebagainya.

Para ahli dan ilmuwan juga menemukan manfaat dari daging buah biji serta kulit buah alpukat dalam riset dan penelitiannya. Berikut adalah manfaat dari buah alpukat :

1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein dalam buah alpukat memiliki kadar yang cukup banyak dibandingkan dengan    buah lainnya. Lutein adalah bagian dari karotenoid yang dihasilkan dari kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein dapat menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Dan penelitian juga menunjukkan kadar lutein dalam buah alpukat dapat mengurangi resiko kelainan pada mata seperti makula dan katarak.

Baca Juga  Rapid Test Syphilis (Dipstick) (Serum/Plasma)

2. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sel kanker bisa tumbuh dalam tubuh manusia tergantung seseorang memelihara kondisi kebugaran dan kesehatan badannya.

Dalam buah alpukat terdapat senyawa yang mampu menghambat sel kanker serta mencari sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberian dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

3. Mempercepat Penyerapan Nutrisi 

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu terungkap kabar bahwa nutrisi tertentu yang masuk ke tubuh dapat diserap lebih baik, cepat dan jauh lebih efektif bila dimakan berbarengan dengan buah alpukat.

4. Sumber Glutathione Antioksidan

Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioxidant ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Dikutip dari situs Merdeka, alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam, dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis, tauge, dan kubis. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur, dan jus alpukat.

5. Mengandung Potassium

Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologis penting lain. Buah yang digadang-gadang mengandung potassium selama ini adalah buah pisang, tetapi fakta membuktikan bahwasanya alpukat ternyata lebih banyak mengandung potassium daripada pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang.

Baca Juga  Kenali Lebih Awal Tumor dan Kanker Otak !

Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:

    1. Menurunkan tekanan darah tinggi

    2. Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
    3. Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh

6. Tinggi Protein dan Lemak Tak Jenuh

Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut bisa menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Disamping itu, juga terdapat lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan Anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit. Anda bisa mengonsumsi alpukat sebagai pengganti protein hewani seperti telur setiap paginya.

Menurut USDA MyPlate dan Dietary Guidelines for Americans, alpukat menyediakan asam amino yang peranannya serupa seperti potassium. Yaitu membantu membangun dan memelihara otot serta jaringan-jaringan tubuh.

7. Memelihara Berat Badan

Avocado Central menjelaskan bahwa proses pemeliharaan berat badan bisa dibantu dengan buah alpukat. Alasannya karena bebas kolesterol dan rendah kalori, serta kehadiran buah yang baik untuk diet ini dapat menggantikan sumber lemak lain.  Ketika dikonsumsi, alpukat akan menyalurkan sekitar 20 vitamin, mineral, dan fito-nutrien yang menunjang diet rendah kalori seseorang.

Jika Anda seorang pria yang sedang fokus menguruskan badan, kolaborasikan buah alpukat dan telur. Jadikan telur dan jus alpukat sebagai teman sarapan. Telur akan menyumbang protein berkualitas tinggi yang siap mendorong perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot. Sementara alpukat memberikan 8% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian Anda, sekitar 3 gram.

Itulah manfaat-manfaat dari buah alpukat, semoga membantu dalam penerapan hidup sehat kita sehari-hari. Manfaat tersebut harus diimbangi dengan pola hidup sehat.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam tugas atau pekerjaan anda. sekian
Terima kasih 🙂

Baca Juga  MENGENAL KANKER KELENJAR GETAH BENING PENYEBAB USTADZ ARIFIN ILHAM DAN OLGA SAPUTRA MENINGGAL ~ Batu Landak
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Manfaat buah alpukat ( Avokad ) and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!