Manfaat dan Khasiat Kulit Buah

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Kulit Buah kadang kita anggap tidak bermanfaat dan berguna, karena memang kulit buah ini rasanya tidak enak sehingga banyak kita buang. Padahal untuk beberapa jenis buah, ternyata kulitnya terdapat nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh melebihi daging buahnya sendiri.

Berikut ini beberapa macam buah yang kulitnya bermanfaat bagi kesehatan :

1. Kulit Manggis

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang terbanyak pada kulitnya bukan pada buahnya. Pada kulit manggis terdapat zat antioksidan yaitu Xanthones yang memiliki khasiat anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti diabetes, mencegah dan mengobati penyakit jantung. Belakangan para ilmuwan sedang menguji potensi kulit manggis sebagai obat virus HIV. Xanthones juga mampu merawat beberapa jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker lambung.

Cara mengolah kulit manggis adalah : Cuci bersih kulit manggis, belah 2 kulit tersebut, kemudian potongan tersebut direbus dengan 4 gelas air, saring rebusan kulit manggis tersebut. Ramuan ini bisa diminum 2-3 kali dalam sehari.

2. Kulit Pisang

Kulit Pisang banyak mengandung potassium dan serat yang membantu pencernaan, serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Didalamnya juga terkandung triptofan yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh, sehingga mood atau suasana hati membaik. Selain itu ada lutein yang melindungi mata radikal bebas dan UV.

Cara mengolah kulit pisang adalah : Kulit pisang direbus selama 10 menit atau memblendernya dengan buah lain.

3. Kulit Mangga

Kulit mangga yang kenyal, kaya akan antioksidan dan serat. Profesor Mike Gidley dari University of Queensland juga menemukan bahwa kulit mangga mengandung senyawa yang menghambat pembentukan sel lemak tubuh, sehingga dapat membantu melangsingkan badan. 

Baca Juga  Menyembuhkan Kanker Dengan Buah Sirsak

Cara mengolah kulit mangga adalah : Kulit mangga dijemur selama beberapa hari sehingga dapat dijadikan snack.

4. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung senyawa polymethoxylated flavones (PMF) yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Kulit jeruk bagian luar (bukan kulit ari bagian dalam yang berwarna putih) mengandung d-limonene yang melindungi kulit dari sinar UV. Riset dari University of Arizona menyebutkan bahwa mengonsumsi satu sendok teh kulit jeruk setiap minggu dapat mengurangi risiko kanker kulit hingga 30%.

Cara mengolah kulit jeruk adalah : Kulit jeruk dibuat dipotong-potong manisan atau marmalade. 

5. Kulit Apel

Sebuah penelitian di Cornell University menunjukkan bahwa kandungan fitokimia dalam kulit apel, 87 % lebih banyak dibanding daging buahnya. Beragam senyawa fitokimia dalam kulit apel merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker. Untuk mengonsumsi apel beserta kulitnya membutuhkan perlakuan khusus, yaitu dengan mencuci terlebih dahulu dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Hal ini dikarenakan apel adalah buah yang sering disemprot cairan pestisida dan lapisan lilin.

Demikianlah tentang Manfaat dan Khasiat Kulit Buah, semoga bermanfaat. (Tashfiyah). 

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Manfaat dan Khasiat Kulit Buah and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!