Manfaat Ikan Jenahak

Ikan jenahak adalah salah satu jenis ikan laut yang hidup di perairan topis Indonesia. Ikan ini dikenal sebagai ikan Snapper dalam bahasa Inggris.

Ikan jenahak terdiri dari 100 spesies yang sudah dikenal di dunia. Ikan ini menjadi salah satu ikan yang favorit di kawasan Asia Tenggara. Selain karena rasanya yang begitu enak, ikan ini mengandung berbagai gizi untuk tubuh.

Kandungan gizi dari ikan jenahak ini dipercaya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya. Beberapa kandungan nutrisi dari ikan ini adalah Selenium, Vitamin A dan D, Zat besi, Protein, Fosfor, Kalium, dan Asam Lemak Omega 3.

Ikan jenahak memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat ikan jenahak adalah sebagai berikut:

  • Membantu untuk menghilangkan kapalan

Kapalan adalah kulit yang menebal atau mengeras dan berwarna kuning pada kaki, tumit, tangan, atau jari. Hal ini terjadi karena adanya tekanan atau gesekan yang berlebihan.

Ikan jenahak dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan kapalan. Konsumsi ikan jenahak secara rutin dapat membantu untuk menghilangkan kapalan.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan memiliki pola hidup yang sehat termasuk pola makan. Makanan yang bergizi dan cukup nutrisi sangat mempengaruhi kekebalan tubuh.

Ikan jenakan adalah salah satu makanan yang memiliki kadar nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi saat musim hujan, ikan ini menjadi salah satu lauk yang baik untuk sistem imun tubuh.

  • Mengobati gejala mata kering

Mata kering sering terjadi saat mata tidak menghasilkan air mata seperti biasanya. Mata kering sering muncul dengan gejala seperti mata terasa gatal, merah, perih, serta sensitif terhadap cahaya.

Baca Juga  HEALTHY FRUIT ENZYMES RECIPES

Ikan jenahak dapat menjadi solusi untuk mengurangi gejala mata kering. Nutrisi dalam ikan ini sangat bermanfaat untuk mata tidak kering.

  • Mengobati nyeri pada perut bagian atas

Nyeri pada perut bagian atas atau di sekitar dada sering terjadi bila asam lambung naik ke kerongkongan atau sering dikenal dengan GERD. Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki maag atau memiliki pola makan yang tidak teratur.

Penyakit ini dapat diobati dengan mengkonsumsi ikan jenahak secara rutin setidaknya dua kali dalam satu minggu. Anda dapat mengolah ikan jenahak dengan berbagai jenis masakan sesuai dengan selera.

Batuk merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena adanya gangguan pada saluran pernapasan. Hal ini biasanya terjadi untuk membersihkan lendir atau mengeluarkan faktor penyebab iritasi pada saluran pernapasan seperti debu atau asap.

Ikan jenahak dapat menjadi salah satu solusi untuk pengobatan batuk. Ikan ini dapat dimasak menjadi sup hangat yang memberikan rasa hangat pada tenggorokan.

  • Membantu untuk mengobati dan mencegah flu

Flu adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang saat musim hujan atau saat kekebalan tubuh menurun. Penyakit flu yang berkepanjangan dapat menimbulkan penyakit lain seperti demam.

Ikan jenahak dapat mengurangi flu dan mencegah timbulnya penyakit lain yang disertai oleh flu. Mengkonsumsi ikan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengobati serta mencegah flu.

  • Mencegah penyakit radang usus buntu

Penyakit radang usus buntu sering memberikan rasa nyeri di perut bagian tengah yang menjalar ke samping. Radang usus buntu sering terjadi karena adanya infeksi dan penyumbatan pada lapisan usus buntu.

Radang usus buntu dapat dicegah dengan ikan jenahak. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur dapat mencegah adanya infeksi atau penyumbatan pada lapisan usus buntu.

  • Mencegah pembentukan karang empedu
Baca Juga  Wild Agarwood from State of Sabah. Malaysia

Karang empedu sering terjadi karena adanya penumpukan lemak pada kantung empedu. Hal ini terjadi karena seseorang terlalu banyak mengkonsumsi lemak – lemak yang jahat untuk tubuh.

Ikan jenahak mengandung lemak yang baik untuk tubuh dan mencegah pembentukan karang empedu. Mengkonsumsi ikan ini sangat baik untuk mencegah penumpukan lemak pada kantung empedu atau hati.

  • Mencegah penyakit gastritis

Penyakit gastritis dapat terjadi bila sering mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau alkohol. Penyakit ini akan memberikan rasa terbakar pada tulang belakang.

Bila kamu sering mengkonsumsi makanan terlalu pedas atau alkohol, maka kamu dapat menetralkannya dengan mengkonsumsi ikan jenahak. Ikan ini tentunya sangat baik untuk mencegah penyakit gastritis yang disebabkan oleh makanan.

  • Mengobati kram pada perut bagian bawah

Kram pada perut bagian bawah sering terjadi khususnya bila terjadi radang pada usus besar atau adanya infeksi pada saluran pencernaan. Kram ini biasanya memberikan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menurunkan berat badan.

Ikan jenahak adalah salah satu solusi untuk mengobati kram pada perut bagian bawah. Ikan ini dapat dikonsumsi secara teratur untuk mencegah terjadinya kram perut ini.

  • Mencegah penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang disebabkan adanya penumpukan ateroma di dinding koroner. Ini terdiri dari kolesterol dan lemak yang menumpuk.

Penyakit ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki lemak yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah ikan jenahak. Ikan ini mengandung lemak yang baik untuk tubuh dan tidak meningkatkan kadar kolesterol.

  • Mencegah kerusakan pembuluh darah

Kerusakan pembuluh darah sering terjadi karena tekanan darah yang tinggi, kolesterol yang tinggi, merokok, atau kadar gula yang tinggi. Kerusakan ini dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat termasuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Baca Juga  Apa Itu Geliga Landak Berikut Penjelasan dan Manfaat Terbaru 2021

Ikan jenahak adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, tidak meningkatkan kolesterol, dan mengandung kadar lemak yang baik untuk tubuh. Ikan ini dapat mencegah kerusakan pembuluh darah.

Manfaat ikan jenahak sangat banyak untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan teratur dan diikuti dengan pola hidup yang sehat seperti waktu tidur yang cukup serta rajin melakukan olahraga.

error: Informasi ini Dilindungi !!