Memandikan landak | Landak Mini Hedgehog Indonesia

Sebagai binatang peliharaan, tentunya kita tidak mau landak mini kita terlihat jorok/kotor serta bau, disamping itu kotoran yang tidak dibersihkan dengan cara dimandikan tentu saja akan menyebabkan landak mini rentan terhadap penyakit (bakteri dan racun yang ditimbulkannya), bau, juga kutu. Landak mini lebih baik dimandikan dalam periode 2-4 minggu sekali (tidak boleh terlalu sering, kecuali dalam keadaan tidak normal seperti berkutu parah). Cara Memandikan Landak Mini dapat anda pelajari dalam penjelasan di bawah ini:
PATUT DIKETAHUI SEBELUMNYA!!!
Jangan mandikan landak mini anda sebelum genap berusia diatas 2,5 bulan (dalam kondisi ukuran tubuh normal), karena apabila masi terlalu muda, kondisi kedinginan atau kepekaan terhadap air/sabun masih terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan landak mini kesayangan anda akan mengalami penurunan kondisi fisik / sakit karena flu, hilangnya nafsu makan, lemas dan lebih ekstrimnya bisa juga mengarah pada kematian.
Perlengkapan Memandikan Landak Mini
> Shampoo bayi atau shampoo kucing
> Handuk kering / Hairdryer
> Bak terbuka/baskom/wastafel
Langkah-langkah ( Cara ) Memandikan Landak Mini
Tahap 1. Letakkan landak mini secara perlahan dalam wadah/bak/wastafel yang telah terisi air hangat kira-kira setinggi badannya. Tidak perlu takut landak akan tenggelam karena dia salah satu hewan yang handal dalam berenang.
Tahap 2. Ketika duri dan seluruh tubuhnya basah, tuangkan shampoo secukupnya pada bagian-bagian tubuh lalu sikat dengan sikat gigi secara searah dan berulang. Awali dari area duri dan kulit punggung berlanjut ke kepala dan sebagian moncong (jangan kena hidung terlalu sering agar air sabun tidak masuk ke hidungnya atau tertelan) terakhir pada bagian dada dan kaki-kaki landak mini.
Tahap 3. Setelah dirasa cukup bersih, kemudian angkat landak dari wadah tadi,ganti air bekas mandi dengan air hangat baru, letakkan landak kembali ke bak/wadah tersebut sembari membilas sisa-sisa sabun ditubuhnya dengan air hangat
Tahap 4. Angkat landak, tepuk-tepuk dan usap tubuhnya dengan handuk kering,

Tahap 5. Lakukan pengeringan dengan hairdryer diseluruh tubuhnya secara berulang. Ingat!! Jika anda tidak memiliki hairdryer, bisa juga dengan dijemur dibawah terik matahari pagi (dibawah jam 10 pagi) sekitar 15 menit lamanya, sehingga tubuh landak benar-benar kering dan mencegah penempelan debu serbuk kayu yang berpotensi menimbulkan kerak kulit atau semacam ketombe.

PINTO

Baca Juga  What Causes Cancer?

Landak Pinto memiliki corak warna bercak putih pada durinya. Warna duri dari landak ini hampir sama dengan warna pada jenis Salt & Pepper, yaitu putih yang dibalut warna hitam. 

SILVER CHARCOAL

Ciri-cirinya hampir sama dengan jenis Charcoal sebelumnya, tapi yang membedakan adalah durinya berwarna putih dibalut dengan warna abu-abu terang. Memiliki mukanya berwarna hitam, kulit pundaknya abu-abu gelap, hampir hitam. Warna hidungnya hitam dan matanya juga berwarna hitam. 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Memandikan landak | Landak Mini Hedgehog Indonesia and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 992

Leave a Reply

error: Content is protected !!