Categories: Tak Berkategori

Mencatat Saat Membaca

Published by
Dunny Nasution

Apakah Anda pernah menyalin halaman catatan saat membaca tetapi masih kesulitan mengingat apa yang Anda baca? Atau, apakah Anda membaca teks tanpa membuat catatan dan hanya setengah memperhatikan? Mungkin Anda menyorot atau menggarisbawahi teks Anda tetapi merasa mungkin Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari bacaan Anda. Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori ini, kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan hasil maksimal dari bacaan Anda. Handout ini membahas pentingnya membuat catatan yang baik saat membaca dan memberikan beberapa strategi dan format berbeda yang dapat Anda coba.

Pentingnya catatan yang baik

Membuat catatan yang baik saat membaca adalah bagian penting dari keberhasilan akademis di perguruan tinggi. Sebagian besar kursus membutuhkan bacaan yang signifikan, dan mungkin sulit untuk memahami dan menguasai materi dan melakukannya dengan baik di kelas tanpa keterampilan mencatat dan membaca yang solid.

Catatan bagus dari bacaan Anda dapat membantu Anda:

  • atur ide dan informasi Anda dari teks
  • tetap fokus dan tetap terlibat saat membaca
  • catat apa yang Anda baca sehingga Anda dapat lebih mudah menemukannya di masa mendatang
  • berpikir kritis tentang apa yang Anda baca saat Anda membaca
  • menarik kesimpulan dan mengidentifikasi gagasan utama teks
  • bersiaplah untuk kelas dan membangun fondasi untuk kuliah
  • memiliki bahan padat untuk digunakan untuk belajar menghadapi ujian atau mempersiapkan tugas

Cara membuat catatan yang baik saat membaca

Catatan yang baik dapat mengambil bentuk yang berbeda dan mungkin berbeda dari orang ke orang—atau bahkan dari teks ke teks. Salah satu ide kunci dari pencatatan yang baik adalah tidak perlu menyalin banyak informasi dari teks. Menyalin informasi tidak melibatkan otak Anda dan bukan merupakan strategi yang kuat untuk mempelajari dan mengingat konten. Ini juga memakan banyak waktu dan tenaga. Sebaliknya, hanya menyoroti banyak informasi lebih sederhana tetapi tidak berbuat banyak untuk secara aktif melibatkan otak. Alih-alih menyalin banyak catatan atau terlalu menyoroti, cobalah beberapa strategi dan format aktif dan efektif yang tercantum di bawah ini. Ini akan membantu Anda mengurangi jumlah waktu dan energi yang Anda habiskan untuk mencatat dan meningkatkan pemahaman dan retensi Anda dari membaca.

Format/strategi berbeda untuk catatan

Tidak ada satu cara yang tepat untuk membuat catatan saat membaca. Yang penting adalah Anda bereksperimen dengan beberapa strategi yang efektif, menemukan beberapa yang cocok untuk Anda, dan menggunakannya. Anda mungkin menemukan bahwa format atau strategi yang berbeda bekerja lebih baik untuk jenis teks yang berbeda juga, dan Anda mungkin ingin menggunakan yang berbeda untuk kelas yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa contoh untuk dicoba:

Coba buat catatan dari ingatan

Siswa sering kehilangan kesempatan untuk mencerna informasi dari teks mereka karena mereka terlalu sibuk mengkhawatirkan tentang membuat catatan yang baik—daripada benar-benar memahami isinya, mereka lebih memikirkan apa yang harus mereka tulis.
Cobalah membaca bagian-bagian pendek dari bacaan Anda (mungkin satu atau dua paragraf atau hingga satu halaman) dan berhenti sejenak untuk memikirkan apa yang baru saja Anda baca—kemudian buat catatan dari ingatan Anda tentang apa yang baru saja Anda baca. Ini akan membantu Anda fokus pada poin utama daripada terjebak dalam detail.
Jika Anda membuat catatan secara digital atau online, coba buat Word atau Google Document untuk setiap artikel atau bab buku teks yang telah Anda baca. Tulis ringkasan poin-poin penting dari setiap bacaan tanpa melihat kembali teksnya. Kemudian isi detailnya dengan berkonsultasi dengan bacaan hanya setelah Anda terlebih dahulu mengingat semua yang Anda bisa.
Tidak apa-apa untuk tidak mengingat 100% dari apa yang baru saja Anda baca; fokus pada poin utama, lalu rujuk kembali ke teks untuk mengisi detail sesuai kebutuhan.
Metode ini mungkin memakan waktu sedikit lebih lama, tetapi banyak siswa mengatakan bahwa metode ini layak dilakukan karena peningkatan pemahaman bacaan.
Lihat video Mencatat Saat Membaca untuk kiat lainnya tentang cara membuat catatan Anda lebih efisien dan efektif.

Tandai langsung pada teks

Jika Anda memiliki versi cetak yang memungkinkan, cukup gunakan pena atau pensil. Untuk teks online, beberapa program digital juga memungkinkan anotasi, penyorotan, dan komentar.
Garis bawahi, lingkari, atau soroti kata dan frasa kunci—ini dapat bermanfaat bagi siswa yang perlu melakukan sesuatu dengan tangan mereka untuk membantu mereka tetap fokus.
Anotasi margin dengan simbol, singkatan, atau ringkasan teks dengan kata-kata Anda sendiri. Lihat handout anotasi kami untuk penjelasan lebih lanjut.
Jika Anda memiliki teks online, Anda masih dapat merekam pemikiran, kata kunci, dan ringkasan Anda dengan cara ini. Ambil saja selembar kertas biasa, beri label dengan teks dan nomor bab/halaman, dan tulis di atas kertas, bukan di buku.

Catatan gaya Cornell

Bagilah selembar kertas menjadi tiga bagian—sekitar dua inci kosong di bagian bawah, dan bagian atas dibagi menjadi sepertiga bagian di kiri dan dua pertiga di kanan.
Buat catatan di dua pertiga kanan halaman.
Cantumkan kata kunci atau pertanyaan di kolom kiri.
Ringkaslah seluruh halaman dalam ruang di bagian bawah.
Pelajari lebih lanjut dengan membaca penjelasan lebih rinci tentang catatan gaya Cornell, atau coba template MS Word ini.

Catatan berbasis aplikasi (EverNote dan OneNote)

EverNote adalah aplikasi pencatat populer yang dapat menyinkronkan catatan di semua perangkat Anda. Anda dapat mengatur catatan ke dalam “buku catatan” individual yang relevan dengan kelas atau topik yang berbeda. Penggemarnya merasa berguna untuk membuat catatan umum dan catatan kelas serta untuk tugas dan organisasi sehari-hari.
OneNote adalah aplikasi yang disertakan dengan Microsoft Office, yang gratis untuk mahasiswa UNC! Jika Anda belum mengunduhnya, Anda dapat mengunduh OneNote di sini. Sama seperti EverNote, OneNote memungkinkan Anda untuk menyinkronkan catatan dan mengaksesnya di perangkat apa pun. Anda dapat membubuhi keterangan catatan, klip dan menyimpan konten multimedia, dan merekam catatan audio.

Buat organizer grafis atau peta konsep

Metode ini baik untuk teks yang memiliki banyak konsep tingkat tinggi yang memerlukan penjelasan atau teks yang memiliki fakta, tanggal, istilah, dll.
Mengatur informasi secara visual.
Bedakan ide utama dari pendukung dalam format yang sesuai: peta konsep, tabel, diagram alir, hierarki, garis waktu, atau diagram Venn.
Baik untuk teks yang memiliki banyak visual, garis waktu, dll. seperti sains atau sejarah.
Buat Tanya Jawab atau Panduan Belajar Anda Sendiri.
Rumuskan pertanyaan dari judul dan kata kunci sebelum Anda mulai. Kemudian cari jawaban saat Anda membaca
Apakah Anda belajar untuk ujian yang membutuhkan banyak identifikasi visual? Pertimbangkan untuk membuat papan Pinterest Anda sendiri untuk mengatur catatan berbasis gambar.

Kiat bermanfaat

Tulis catatan dengan kata-kata Anda sendiri alih-alih menyalin informasi dari buku.
Hindari penyorotan berlebihan. Menyoroti tidak banyak membantu untuk melibatkan otak secara aktif, jadi itu bukan strategi yang paling berguna. Juga, menyoroti terlalu banyak dapat membuat Anda tidak fokus pada ide-ide utama. Untuk tips tentang menyoroti dengan lebih cermat, lihat strategi di selebaran penyorotan kami.
Tunggu hingga akhir halaman untuk membuat catatan sehingga Anda dapat lebih fokus pada apa yang Anda baca dan agar Anda dapat mencoba meringkas dengan kata-kata Anda sendiri daripada menyalin.
Anda tidak perlu menulis halaman catatan—buat catatan itu singkat dan fokus.
Pratinjau bab sebelum Anda mulai membaca dengan melihat fitur teks untuk mendapatkan petunjuk tentang gagasan utama bab tersebut.
Fokus pada ide dan konsep utama.

This post was last modified on 1 Agustus 2022 8:07 pm

Dunny Nasution

Recent Posts

Seperti Apa Sebenarnya Menjadi Perawat Anestesi?

Setelah menghabiskan banyak waktu di dunia kerja, Anda sekarang tahu bahwa tidak ada yang namanya…

8 Agustus 2022

LVN vs LPN Benarkah Ada Perbedaan?

LPN, LVN, RN, BSN, MD, DPT, CNA—bidang perawatan kesehatan tidak kekurangan akronim terkait karier. Jika…

8 Agustus 2022

Apakah RN ke BSN Layak? 9 Alasan untuk Mempertimbangkan Memajukan Pendidikan Keperawatan Anda

Anda telah bekerja sebagai perawat terdaftar (RN) untuk sementara waktu sekarang dan pengalaman Anda hanya…

8 Agustus 2022

Pensiun Baby Boomer: Mengapa Perawat Baru Harus Bersemangat

Anda tidak dapat memikirkan perawatan kesehatan tanpa memikirkan perawat, dan untuk alasan yang bagus. Perawat…

8 Agustus 2022

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Memilih Program Jembatan LPN-ke-RN

Baik Anda telah bekerja sebagai perawat praktik berlisensi (LPN) selama beberapa dekade atau baru saja…

7 Agustus 2022

Pro dan Kontra LPN Tampilan Praktis

Dulu Anda mengira menjadi perawat adalah tujuan karier yang langsung—tetapi kemudian Anda mulai meneliti pilihan…

6 Agustus 2022

This website uses cookies.