Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Landak Mini

CARA PENCEGAHAN PENYAKIT LANDAK MINI:
1. Angkat kotoran padat dan cair landak mini pada serbuk kayu setiap hari dan ganti seluruh serbuk setiap 5 hari sekali (atau ketika sudah nampak kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap).
2. Bila memungkinkan, cuci bersih kandang landak mini dengan antiseptik secara rutin (atau ketika setiap kali dibersihkan).
3. Mandikan landak mini secara rutin tiap 2 minggu sekali dengan sabun anti kutu dan akhiri dengan menyemprotkan obat anti kutu di tubuhnya.
4. Bersihkan kuku, telinga, dan anggota tubuh landak mini yang rentan kotor.
5. Hindari kontak langsung si landak mini oleh binatang lain seperti kucing, tikus, cicak, lalat, dll.
6. Rajin dan rutin menjemur landak mini di pagi hari (sekitar jam 7 – 9 pagi) selama kurang lebih 10-15 menit.

CARA PENGOBATAN PENYAKIT LANDAK MINI (langkah-langkah yang dilakukan adalah secara seksama sesuai penyakit yang diderita) :
1. Jamur & Kutu : biasa diobati dengan cara memandikan landak mini dengan sabun anti kutu (sampo kucing) bertahap dan bisa dilakukan beberapa kali sekaligus apabila diperlukan, rajin menjemur landak mini di bawah matahari pagi, disemprot dengan obat anti kutu secara rutin, beri vitamin tambahan untuk meningkatkan kekebalannya karena kutu dan jamur yang sudah menyerang terlalu lama tentu akan mempengaruhi tingkat kekebalan dan nafsu makan si landak mini. (Pada masa terjangkit dan perawatan, jauhkan/isolasi landak mini yang mendertia jamur/kutu dari landak mini lain yang sehat untuk mencegah terjadinya penularan).
2. Obesitas : dapat dinormalkan kembali dengan cara mengubah pola makan landak mini, merk pakan ke tingkat lemak yang lebih rendah, diet ketat (mengurangi porsi makan secara signifikan), kurangi pemberian makan-makanan tambahan yang tinggi lemak seperti Ulat Hongkong/Ulat Jerman.  Berat badan landak mini berlebih juga dapat dinormalkan dengan cara memperluas kandangnya sehingga landak mini dapat bergerak dengan bebas atau menambahkan alat olahraga tambahan seperti jogging wheel khusus untuk landak mini.
3. Influenza : dapat disembuhkan dengan memberikan obat antibiotik semisal amoxycilin sesuai dengan dosis untuk landak mini, dicampur kedalam wadah minum atau langsung diberikan secara manual dengan menggunakan spet/alat suntik yang dilepas ujungnya, dan tentu harus rajin menjemur landak mini.
4. Scabbies : satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan disuntik (langsung dikonsultasikan kepada dokter hewan / vet).
5. Diare: terdapat beberapa alternatif dalam pengobatan diare antara lain: memberi tambahan menu ulat hongkong untuk memperkeras PUPnya, beri Ulat Bambu (cara ini biasanya lebih efektif namun sedikit lebih merepotkan kita untuk mencarinya secara langsung atau beli ke pasar burung tradisional), juga bisa dengan pemberian 5tablet NORIT yang dihaluskan dan dicampur pada air minumnya atau diberikan langsung dengan spet/alat suntik yang dilepas ujungnya kemudian diteteskan dimulut si landak mini (penggunaan obat Norit ini ditujukan untuk menyerap racun yang terdapat dalam saluran pencernaan si landak mini)

6. Mata Belekan: cukup mudah untuk menangani landak mini yang terkena belekan, anda tinggal menyiapkan lap kering yang sebelumnya diberi air hangat, kemudian dioleskan/dibasuhkan di area kelopak mata yang lengket akibat belek tadi, hingga lapisan tersebut menjadi lunak yang kemudian akan terlepas dari kelopak mata. setelah lapisan belek tersebut hilang, anda bisa memberi obat tetes mata (inst* atau roht*) di bola matanya dengan dosis sedikit saja..cukup teteskan pagi sore,,,sebagai penetralisir bakteri/iritasi yang kemungkinan hinggap di area mata biasanya mata landak mini akan langsung terbuka normal kembali.

PINTO

Baca Juga  Nama Batu Mulia Termahal - Batu Mania

Landak Pinto memiliki corak warna bercak putih pada durinya. Warna duri dari landak ini hampir sama dengan warna pada jenis Salt & Pepper, yaitu putih yang dibalut warna hitam. 

SILVER CHARCOAL

Ciri-cirinya hampir sama dengan jenis Charcoal sebelumnya, tapi yang membedakan adalah durinya berwarna putih dibalut dengan warna abu-abu terang. Memiliki mukanya berwarna hitam, kulit pundaknya abu-abu gelap, hampir hitam. Warna hidungnya hitam dan matanya juga berwarna hitam. 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Landak Mini and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!