PENEMUAN HEWAN BERUKURAN TIDAK BIASA DI BORNEO

Keberadaan dan cerita binatang-binatang berukuran tidak biasa (besar), mistik dan legenda sering kita dengar dari cerita kakek-nenek dan para orang tua kita bahkan dari para saksi mata yang memiliki pengalaman pribadi terhadap binatang tersebut.


Salah satunya adalah dari gambar yang di bawah ini meskipun gambar ini mewakili masih adanya Ular raksasa, Gambar tersebut
sangat misterius asal muasalnya ada artikel yang mengatakan cuma nemu foto dari rekanya di Facebook lokasi sih katanya di Kaltim dan ada juga komentator yang mengatakan dari amazon, ada juga versi Tribun Kaltim yang mengatakan dari pedalaman kaltim tapi Post artikelnya udah nda ada (mungkin karena asal usul foto yang tidak jelas) ada juga yang mengatakan di temukan di Malaysia ada juga yang bilang di temukan di Cina, Yah lepas dari misteri ketidak jelasan asal muasal foto tersebut ular besar tersebut memang ada di Kalimantan, dan menurut penuturan teman saya Aad yang berasal dari Pal XX Kab. Landak Kalbar pernah ada Ular berukuran raksasa melintasi jalan di daerah ngabang yang membuat semua kendaraan berhenti karena ukurannya yang besar, dan penduduk sekitar pun tidak berani mengejarnya.

Menurut versi Penemuannya di Malaysia Ular besar tersebut tertangkap pada saat pembukaan jalan baru, ketika Buldozer mebersihkan bukit tersebut ternyata mengenai ular tersebut yang bersembunyi di tanah bukit ular ini memiliki panjang 55 kaki (16,7 m) dengan berat 300 Kg di perkirakan ular ini berusia 140 tahun, konon menurut sumbernya masih ada ular yang lain dan melarikan diri, juru mudi eksavator diketahui meninggal dunia setelah tanpa sengaja membunuh ular ini, menurut medis juru mudi mengalami serangan jantung akibat terkejut dengan apa yang ditemukannya.

Baca Juga  200 Khasiat Mustika | Batu landak

Menurut versi Tribun Kaltim Foto seekor ular jenis piton (Phyton reticulatus) dalam kondisi mati dan diangkat menggunakan ekskavator, membuat heboh pengguna Facebook dan menjadi pembicaraan di milis-milis pekerja di Kalimantan Timur. Hanya saja, belum bisa dipastikan kebenaran kabar ini.
Menurut pengakuan seorang yang mem-posting foto ular raksasa ini di Facebook, foto ini dia dapatkan dari seorang rekannya yang bekerja di perusahaan kontraktor tambang.
“Lokasinya di Tanah Hulu, dekat Kotabangun, Kutai Kartanegara. Foto ini sudah menyebar di milis karyawan perusahaan penyewaan alat berat itu. Saya hanya diberitahu seperti itu. Soal benar atau tidaknya, saya juga tak bisa memastikan,” ujar Mardiono, warga Balikpapan yang mem-posting foto ular piton raksasa ini.
Hutan pedalaman Kalimantan ditengarai masih dihuni ular raksasa yang panjang panjangnya bisa mencapai belasan meter. Phyton hidupnya tersebar dari Afrika sampai ke Asia Tenggara. Dari semua jenis piton, yang terpanjang adalah Phyton reticulatus yang ditemukan di semenanjung asia tenggara sampai ke Sulawesi.
Ular jenis reticulatus ini dikenal sebagai sanca kembang, sanca batik, atau ular sawah. Panjangnya bisa mencapai belasan meter. Phyton burma dan Phyton bola (Ball Phyton) ukurannya tidak sepanjang reticulatus yang banyak terdapat di hutan alam Indonesia.


(Ular yang ditemukan saat pembukaan jalan baru di Malaysia)

Binatang berukuran tidak biasa berikutnya adalah binatang penghuni air yaitu ikan tapah yang dapat tumbuh sepanjang 3 meter dan lebih, ikan tapah besar merupakan salah satu penghuni air yang ditakuti selain buaya, biasanya ikan tapah suka berada pada air yang berarus agak deras (tidak tenang), ikan tapah ini bisa dan pernah memangsa, monyet, bebek dan manusia (biasanya anak-anak dan orang dewasa yang sedang beraktivitas di sungai). Beberapa waktu lalu ikan tapah berukuran besar ditemukan di kuala sangkikng Mempawah (gambar di bawah), walaupun ukurannya besar tetapi masih ada lagi yang lebih besar, konon menurut Alm Kakek saya yang berasal dari Sei Ambawang, dia dulu pernah menangkap ikan tapah yang kumisnya sebesar rotan, ketika ikan tapah sedang menghulu (pergi kehulu sungai luntuk bertelur)

(Ikan tapah yang ditangkap di kuala sangkikng)


Baca Juga  Cataract Surgery Complications
Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by PENEMUAN HEWAN BERUKURAN TIDAK BIASA DI BORNEO and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!