Peralatan untuk memelihara landak | Landak Mini Hedgehog Indonesia

Pada dasarnya untuk pemeliharaan landak, tidak diperlukan tempat khusus yang seperti pada habitat aslinya, untuk digunakan sebagai kandang, alternatifnya cukup gunakan akuarium kaca/acrilic atau container plastik atau juga kotak kayu. Namun yang terpenting adalah dimensinya mencukupi kebutuhan ruang gerak dan aktifitas landak mini. Rekomendasi untuk kandang landak mini adalah berukuran 50x50cm atau 40x60cm, sedangkan untuk tingginya tidak kurang dari 30cm (menghindari landak memanjat dan lepas). Letak kandang terbaik adalah pada area dengan suhu normal: 21 – 27′C, memiliki sirkulasi penghawaan dan pencahayaan yang cukup baik
Digunakan sebagai media alas/bedding pada kandang landak mini anda. Fungsi lainnya adalah menyerap kotoran padat/PUP atau kotoran cair (PEE), penghangat tubuh landak saat malam hari, serta media kunyah landak saat annointing. Pastikan anda cukup teliti dalam memilih jenis serutan kayu yang digunakan, sehingga hewan kesayangan anda akan terjaga kesehatan  maupun kenyamanannya didalam kandang
Lebih direkomendasikan menggunakan bahan yang cukup lebar dan berat seperti kaca (misal: asbak kaca), wadah keramik, wadah pakan plastik yang telah diberi semen bawahnya, atau bahan-bahan lain yang tidak mudah untuk dibolak-balik oleh landak. Ketinggian wadah pakan juga harus diperhatikan, tidak terlalu rendah juga tidak boleh terlalu tinggi (harus mudah digapai oleh mulut landak) yaitu berkisar antara 4-8cm. Untuk tempat minum, anda cukup menggunakan botol minum hamster, untuk ukurannya menyesuaikan: 80ml, 100ml, 125ml, 250ml tergantung kebutuhan dan kemudahan mendapatkannya. Untuk airnya cukup gunakan air putih matang/mineral sehingga terjamin kebersihannya.
Masih ingat tentang sifat landak “nocturnal”? Dia akan aktif pada malam hari, dan tidur pada siang hari. Hidding box berfungsi sebagai ruang gelap dimana tempat dia tidur. Keberadaan media ini sangat membantu dalam penyesuaian/adaptasi landak dengan kandangnya alias salah satu faktor penting dalam kenyamanan. Dan hidding box ini juga sangat berfungsi ketika landak mini dalam masa kehamilan, atau hendak melahirkan. Karena proses penyusuan hoglet-hoglet landak akan terjadi dalam hidding box, skaligus mencegah anak-anaknya tercecer keluar/menjauh dari induknya.

Bahan hidding box bisa dengan pipa paralon/ talang PVC  bentuk “U”, kotak sepatu, kotak triplek atau hidding box khusus yang biasanya didatangkan dari luar negeri. Namun,,,, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihannya,  cuci hidding beserta kandangnya maximal 5-7 hari atau ketika sudah terlihat kotor dan bau. Serta ganti juga serutan kayunya dengan yang baru.

PINTO

Baca Juga  Pembeli Gaharu di Poso Sulawesi Tengah dan Morowali

Landak Pinto memiliki corak warna bercak putih pada durinya. Warna duri dari landak ini hampir sama dengan warna pada jenis Salt & Pepper, yaitu putih yang dibalut warna hitam. 

SILVER CHARCOAL

Ciri-cirinya hampir sama dengan jenis Charcoal sebelumnya, tapi yang membedakan adalah durinya berwarna putih dibalut dengan warna abu-abu terang. Memiliki mukanya berwarna hitam, kulit pundaknya abu-abu gelap, hampir hitam. Warna hidungnya hitam dan matanya juga berwarna hitam. 

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Peralatan untuk memelihara landak | Landak Mini Hedgehog Indonesia and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 874

Leave a Reply

error: Content is protected !!