Persamaan dan Perbedaan Tumor dan Kanker

Persamaan dan Perbedaan Tumor dan Kanker – Terkadang banyak diantara kita tidak dapat membedakan antara tumor dengan kanker. Ada pula yang menganggap bahwa tumor tidak terlalu berbahaya dibandingkan kanker, sehingga tidak dianggap tidak perlu diberikan perhatian khusus atau bahkan ada yang menganggap sebaliknya? Oleh karena itu, pengetahuan mengenai tumor dan kanker sangat dibutuhkan bagi masyarakat. Terlebih lagi angka penderita tumor dan kanker masih tinggi di Indonesia.

Tubuh manusia memiliki sejumlah sel yang memiliki fungsi berbeda-beda. Normalnya, sel-sel tersebut akan bertambah tua, mati, lalu digantikan oleh sel yang baru, begitu seterusnya. Namun, jika pertumbuhan sel tidak normal atau tidak sesuai dengan bentuk dan fungsi tiap organ, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai tumor. Tumor merupakan suatu kondisi dimana terbentuknya neoplasma atau benjolan yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang abnormal atau tidak wajar. Tumor sendiri berasal dari kata tumere dalam bahasa Latin yang berarti bengkak. Benjolan pada tumor akan tumbuh membesar dan harus diangkat untuk penanganannya. Biasanya tumor akan hilang setelah disingkirkan melalui operasi. Namun, berdasarkan pertumbuhannya, Tumor sendiri digolongkan menjadi tumor ganas dan tumor jinak. Tumor yang perkembangannya pesat dan menyebar biasanya bersifat ganas, dan pada kasus ini tumor ganas bisa disebut dengan kanker. Selain itu, tumor jinak yang dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pengangkatan juga memiliki potensi untuk berubah menjadi ganas sebab dapat menekan sel-sel di sekitar organ tubuh tersebut.

Lebih lanjut mengenai kanker, penyakit ini merupakan suatu peristiwa pembelahan sel yang tidak terkontrol dan sel-sel tersebut menyerang jaringan biologis lainnya dalam tubuh. Sel kanker memiliki kemampuan untuk invasi (pertumbuhan langsung di jaringan sebelahnya), maupun metastasis atau perpindahan sel ke tempat yang lebih jauh. Sama halnya dengan tumor, kanker merupakan penyakit yang tidak bisa diabaikan begitu saja, sebab dapat membahayakan keselamatan nyawa. Namun, kebanyakan kanker lebih sulit diobati dibandingkan dengan tumor. Risiko kematian yang dimiliki kanker juga lebih tinggi. Oleh karena itu, keberadaan kanker harus dengan sangat cepat disadari agar segera mendapat perawatan sejak dini, mengingat penyebaran sel kanker yang tidak terkendali. Untuk mengenal tumor dan kanker lebih jauh, berikut ini adalah persamaan antara tumor dan kanker:

Baca Juga  Pantangan Makanan Bagi Penderita Jantung Bengkak ~ Obat Kanker

1. Persamaan Tumor dan Kanker

1. Asal Muasal

Baik tumor maupun kanker, keduanya berasal dari sel yang mengalami perubahan struktur genetika atau biasa disebut dengan mutasi.

2. Ciri Fisik

Bukan hanya tumor, kanker juga dapat menimbulkan pembengkakan pada jaringan tubuh. Memang tidak disemua kasus, contohnya pada kanker darah dimana tidak terjadi pembengkakan. Namun, keduanya bersifat merusak.

3. Identifikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa perlu adanya pemeriksaan mengenai hal ini. Oleh karena itu, untuk mengidentifikasi perkembangan sel tumor ataupun kanker dapat dilakukan melalui metode biopsi.

4. Pemicu

Pemicu Tumor dan kanker tidak jauh berbeda. Tumbuhnya tumor ini terjadi ketika produksi normal sel-sel di jaringan tertentu berhenti, kemudian sel normal tidak dapat lagi berfungsi dengan sebagaimana mestinya, akhirnya terjadilah apoptosis (kondisi dimana ketika sel-sel tertentu tidak mati sesuai dengan waktunya karena perhentian pesan yang dikirimkan oleh gen p53). Namun dari faktor eksternal, terjadinya tumor dapat di picu oleh gaya hidup seperti mengkonsumsi alkohol dan merokok. Selain itu obesitas, faktor genetis, faktor lingkungan, radiasi, dan zat-zat kimia juga dapat menjadi pemicunya.

Sementara itu, kanker di sebabkan oleh hilang atau rusaknya kromosom anti onkogen yang dapat mengendalikan pertumbuhan. Kemudian pada usia yang lebih tua, biasanya pertumbuhan neoplasma sering terjadi karena tidak ada kendali yang efektif, lalu terjadinya perubahan DNA seperti mutasi atau kerusakan sel DNA. Sama seperti tumor, hal ini juga bisa dipacu dari pengaruh eksternal yaitu pola hidup yang tidak sehat seperti terlalu sering mengkonsumsi junk food, kurang olahraga, radiasi, dan merokok.

5. Sasaran

Tumor dan Kanker dapat tumbuh dan berkembang di jaringan tubuh mana saja dan dapat menyerang semua golongan usia serta jenis kelamin.

Baca Juga  Obat Kanker: Penyebab NEISSERIA MENINGITIS

2. Perbedaan Perbedaan Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker merupakan dua hal yang kadang sulit untuk dibedakan. Oleh karena itu, setelah mengetahui persamaan antara tumor dengan kanker, berikut adalah perbedaannya:

1. Pertumbuhan Sel

Perbedaan antara Tumor dan Kanker terdapat pada pertumbuhan selnya. Tumor dapat dilihat dari benjolan dalam tubuh yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal. Pada tumor, pertumbuhan sel tidak menyebar. Sementara itu, pertumbuhan sel pada kanker tidak terkendali dan menyebar dalam tubuh. Sel kanker dapat berekspansi dengan sangat cepat ke jaringan-jaringan sekitarnya, sebab sel kanker dapat membelah diri dengan cepat dan tidak terkontrol. Sel kanker memiliki sifat destruktif sehingga dapat merusak organ lain dalam tubuh dan salah satu penyebarannya adalah melalui aliran darah. Oleh karena itu, kanker harus ditangani secepatnya sebelum menyebar dan merusak jaringan yang lain. Semakin luas penyebarannya, maka kemungkinan kanker dapat disembuhkan semakin kecil.

2. Level Tumor

Tidak semua tumor bersifat kanker, dan sebaliknya tidak semua kasus kanker ditandai dengan pertumbuhan tumor. Ada tumor jinak dimana pertumbuhan terbatas pada bagian tubuh tertentu. Di beberapa kasus, ada kemungkinan tumor berubah menjadi kanker jika sifatnya ganas. Hal ini menandakan bahwa pertumbuhan primer dapat menghasilkan beberapa pertumbuhan sekunder sehingga menyerang pada bagian vital tubuh dan menyebar dimana-mana. Oleh karena itu dibutuhkan adanya biopsi agar dapat dilihat apakah pertumbuhan sel tumor ganas atau jinak. Sebab kanker pada sifatnya, selain menyebar pertumbuhannya juga tidak terkendali. Biopsi sendiri adalah pengambilan contoh jaringan dari tubuh dan dilakukan pemeriksaan dari jaringan yang diambil.

3. Penanganan

Pengobatan terhadap tumor dan kanker berbeda. Hal ini disebabkan karena tidak semua tumor mengancam nyawa si penderita. Terutama pada tumor jinak, dokter bisa menyembuhkan melalui  pengangkatan sel tumor. Operasi tumor jinak pada umumnya relatif mudah, namun tetap tergantung pada lokasi dan ukuran tumor. Sementara pada kanker, langkah medis yang biasanya diambil adalah operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Tumor juga lebih mudah ditangani. Biasanya, tumor yang telah diangkat melalui operasi akan hilang, sementara kanker meskipun sudah di operasi, namun potensi penyebarannya masih besar. Hal ini disebabkan oleh sel kanker yang sulit mati. Bahkan dalam proses pengobatannya pun dapat mengancam nyawa si penderita. Namun, sebenarnya kanker dan tumor sendiri memiliki banyak jenis yang berbeda-beda dan membutuhkan penanganan yang tekadang berbeda pula.

Baca Juga  箭猪枣,豪猪枣 Porcupine Dates: 专经营,出售,批发,零售、收购,豪猪枣,河猪枣,箭猪枣, Porcupine Date,Porcupine Bezoar

4. Jenis kontrol

Sel kanker menyusup ke dalam tubuh manusia dalam jumlah yang tidak jelas dan akan terus menyebar ke dalam sel-sel normal dengan bebas kemudian merusaknya. Seperti setelah menyerang darah, sel kanker bisa menyebar dan masuk ke paru-paru, kemudian ke lever, dan seterusnya kemudian tumbuh. Berbeda dengan tumor yang tidak bisa sembarangan tumbuh. Tumor jinak tidak dapat seenaknya berpindah-pindah sebab ia tidak dapat hidup di luar jaringannya.

5. Morfologi klinis

Tumor jinak tidak melakukan metastasis, pertumbuhannya lambat, serupa dengan jaringan asalnya, pertumbuhannya bersifat ekspansif namun tidak menguasai jaringan di sekitarnya. Sementara itu, kanker terdiri dari sel-sel yang tidak lagi serupa dengan sel normal jaringan asalnya. Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa sel-sel pada kanker ini juga cenderung menginvasi jaringan sekitar dan melakukan metastasis. Nah, ciri-cirinya berbeda dengan tumor. Peningkatan ukuran pada kanker terjadi lebih cepat di bandingkan tumor.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Persamaan dan Perbedaan Tumor dan Kanker and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!