Psikologi Manusia Dalam Prilaku & Pengambilan Keputusan

Manusia memiliki berbagai macam prilaku atau sifat, seperti cara berbicara, kepribadian dan proses pengambilan keputusan, setiap orang memiliki karakteristik dan perbedaan tersendiri. Prilaku tersebut diaktualisasikan dalam bentuk gerak tubuh melalui salah satu atau gabungan dari pengolahan pikiran, perasaan dan alam bawah sadar.
Secara ringkas urutan proses tersebut dapat digambarkan sebagai mana gambar dibawah, dengan urutan teratas (tubuh) adalah yang paling lemah dan urutan terbawah (alam bawah sadar) memiliki pengaruh yang paling kuat.
Tubuh < Pikiran < Perasaan < Alam Bawah Sadar
1. Tubuh
Segala hal yang terlihat oleh mata seperti prilaku seseorang dan caranya mengambil keputusan dalam memecahkan masalah. Tubuh bergerak berdasarkan perintah dari pikiran atau perasaan atau alam bawah sadar.
2. Pikiran
Hasil olahan dari apa yang sudah dipelajari dan pengalaman dari hal yang sudah terjadi sebelumnya. Kemudian dieksekusi oleh gerakan tubuh.
3. Perasaan
Tubuh bisa bergerak dan mengambil keputusan tanpa melalui olah pikiran, biasanya karena terlalu emosional atau karena pikiran yang terlalu lelah sehingga perasaan yang mengambil alih, contoh apabila terlalu capek bawaannya gampang marah atau terlalu cinta sehingga jatuh cinta kepada orang lain tanpa alasan yang rasional (cinta buta). Sehingga apabila perasaan mengambil alih pikiran menjadi tidak jalan dan proses pengambilan keputusan menjadi salah.
4. Alam Bawah Sadar
Hal ini terjadi biasanya karena prilaku tersebut biasa dilakukan disaat sedang kosong, hampa atau galau, sehingga menjadi kecanduan dan kebiasaan. Contoh ketika galau seseorang memilih makan, sehingga akan kecanduan makan, ketika galau disuguhi rokok oleh kawan-kawannya, sehingga kecanduan rokok atau ketika sedang galau datang seseorang yang peduli dan perhatian kemudian selalu terpikiran ke orang tersebut. Alam bawah sadar ini juga yang dimainkan oleh para ahli hipnotis ketika seseorang sedang kosong atau galau.
Setelah mengetahui hal tersebut, maka ada beberapa hal yang dapat dikendalikan sehingga tubuh melakukan sesuatu sebagaimana mestinya diantaranya :
  • Pengambilan keputusan maka libatkanlah pikiran.
  • Ibadah kepada Tuhan libatkanlah perasaan, contoh lain mencintai pasangan dan keluarga., mencintai pekerjaan, dsb. Sehingga tidak ada hitung-hitungan dan menjadi ikhlas.
  • Membiasakan diri hal baik atau mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik libatkanlah alam bawah sadar.
Baca Juga  Pola Makan dan Olahraga untuk Diet

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Psikologi Manusia Dalam Prilaku & Pengambilan Keputusan and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 992

Leave a Reply

error: Content is protected !!