Tips Memilih Lotion Pemutih Yang Aman Bagi Kulit Tubuh

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Tips Memilih Lotion Pemutih Yang Aman Bagi Kulit Tubuh

Memilih lotion pemutih yang aman bagi bagi kulit tubuh memang susah-susah gampang. Kesalahan memilih lotion pemutih malah menyebabkan terjadinya gatal, iritasi, kemerahan, perih dan timbulnya vlek hitam. Karena itu anda dituntut untuk selektif memilih produk pemutih kulit yang bagus dan aman untuk kulit. Sebagai pembungkus seluruh permukaan luar tubuh, kulit merupakan bagian terpenting dari penampilan seorang wanita. Kulit yang terlihat putih dan mulus tentunya akan menambah daya tarik pemiliknya dan menyenangkan pasangannya. Sayangnya tidak semua wanita beruntung dikaruniai kulit seindah ini. Berbagai permasalahan mulai dari pengaruh buruk paparan sinar matahari, ketidakstabilan hormon, mengakibatkkan kulit tubuh tampak kusam dan lebih hitam. Hilangnya kesempurnaan kulit ini tentunya akan berimbas pada kepercayaan diri pemiliknya.

Karena enggan tampil dengan kulit tubuh yang terlihat kusam dan hitam, kaum hawapun rela menghamburkan uang jutaan rupiah demi treatment modern yang menjanjikan hasil instan. Yang mengejutkan, walaupun berhasil mencerahkan dan memutihkan kulit tubuh, namun setelah treatment ini dihentikan kulit malah terlihat makin hitam dan kusam.

Berhubung sangat mengecewakan, andapun beralih menggunakan produk lotion pemutih yang diklaim ampuh untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Malangnya, produk pemutih yang anda pilih tidak dilengkapi informasi kandungan zat kimia serta ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Meskipun berhasil memutihkan kulit, namun biasanya menggunakan lotion ini malah menimbulkan efek ketergantungan. Jika lotion ini tidak digunakan lagi, kulit justru menjadi lebih kusam dari semula.

Parahnya, pemutih jenis ini kerap mengandung zat merkuri yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Menurut dr. Lili Legiawati, SpKK, staf pengajar dermatology cosmetic Departemen Ilmu Kulit dan Kelamin FKUI, meskipun hanya dioleskan pada permukaan kulit, zat ini akan terserap pada pembuluh darah. Logikanya jika lotion dengan kandungan merkuri ini dioleskan secara terus-menerus pada area kulit tubuh, maka dari pembuluh darah lotion ini akan masuk kealiran darah. Alhasil, selain merusak keindahan kulit, lotion pemutih dengan kandungan merkuri ini juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal, otak dan mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Parahnya, meskipun lotion pemutih ini dipakai dalam jangka pendek, namun jika dosis merkurinya tetap tinggi, maka lotion pemutih ini pun bisa menyebabkan efek muntah-muntah, diare, kerusakan pada paru-paru hingga memicu terjadinya kanker.

Untuk itu, apabila anda ingin menggunakan obat pemutih sebaiknya perhatikan benar jenis lotion pemutih yang digunakan. Berikut ini beberapa zat pemutih yang aman bagi kesehatan kulit, yaitu :

Baca Juga  7 MAKANAN INI BISA CEGAH PENYAKIT KANKER ~ Batu Landak

1. CLA (Conjugated Linoleic Acid), yaitu zat pemutih yang berfungsi menstimulasi aktivitas kulit yang sehat. Pemutih ini memiliki kemampuan untuk membentuk sel-sel kulit baru dan mempertahankan kadarr kolagen yang sehat.

3. AHA (Alfa Hydroxy Acid), yaitu zat pemutih yang berfungsi untuk memperlemah ikatan yang menahan sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

3. Retinol, yaitu zat pemutih yang mempunyai kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan menstimulasi produksi kolagen.

4. Retinol Boosters, yaitu zat pemutih yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja retinol pada kulit. Bahan satu ini membuat zat retinol bekerja lebih cepat.

Meskipun tidak ada catatan khusus tentang tingginya kasus kulit tubuh yang berantakan dan gangguan kesehatan lain akibat penggunaan lotion pemutih, tapi sudah banyak banyak bukti menunjukkan bahwa penggunaan lotion pemutih tidak selalu aman. Terutama, pemutih yang kini banyak dijual bebas dipasaran tanpa ijin dari BPOM.

Berikut ini tips memilih lotion yang aman bagi kulit tubuh :

1. Pilih bahan pemutih yang mengandung tabir surya dengan SPF minimal 15. Pasalnya pemutih ini ampuh menghambat pembentukan kembali pigmen melanin yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Untuk SPF, anda bisa memilih bahan avobenzone, titanium dioxide, atau zinc oxide.

2. Sebelum memilih lotion pemutih, teliti dulu kemasannya. Perhatikan nomor registrasi, nama produsen, peringatan efek samping, maupun informasi produk lengkap dalam bahasa yang bisa anda mengerti. Jangan lupa pula mengecek tanggal kadaluwarsa produk.

3. Jika kulit anda tergolong sensitif, maka gunakanlah krim pemutih yang mengandung arbutin dan vitamin C dengan dosis dibawah 20%. Tak hanya itu saja, untuk mencegah terjadinya iritasi yang berlebihan seperti peradangan, bercak hitam, kulit berwarna keabu-abuan, ada baiknya anda menggunakan krim pemutih yang sudah ditambahkan zat anti inflamasi (Info Kecantikan). 

Baca Juga  Hal yang Dapat Memperburuk Keadaan Darah Tinggi

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Tips Memilih Lotion Pemutih Yang Aman Bagi Kulit Tubuh and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!