Waspada terhadap Penyebab dan Tanda-Tanda Penyakit Liver

Perpustakaan Cyber (1/10/2014) – Secara umum, hati atau liver membantu tubuh memproses protein, karbohidrat, lemak dan mineral. Gangguan fungsional pada hati bisa mempengaruhi manusia secara signifikan. Pada liver yang bermasalah misalnya, pengolahan karbohidrat menjadi energi akan terganggu sehingga akan menghambat aktivitas secara umum. Ada beberapa penyebab penyakit liver. Pertama adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol sebenarnya tidak hanya terkandung pada minuman keras. Beberapa produk olahan makanan seperti tape juga mengandung kadar alkohol tertentu. Yang penting untuk dicermati adalah dengan semakin tingginya kadar alkohol dalam tubuh, maka organ  liver akan mengalami gangguan yang lebih serius. Kedua, penyakit liver disebabkan oleh hepatitis. 

Hepatitis sendiri adalah peradangan pada hati yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Untuk saat ini, jenis virus hepatitis yang sudah dikenal terdiri dari virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, virus hepatitis G. Yang menarik adalah virus mumps, rubella, cytomegalovirus, epstein-barr dan herpes ternyata juga bisa menyebabkan hepatitis. Ketiga, penyakit liver juga bisa muncul akibat terjadinya hemochromatosis. Hemocromatosis adalah sebuah kondisi dimana seseorang kelebihan zat besi. Hal ini bisa terjadi karena faktor keturunan maupun faktor luar lainnya. Untuk kondisi ini, mengatur pola asupan makanan yang mengandung zart besi menjadi penting. Keempat, penyakit liver timbul akibat terjadinya saluran empedu yang rusak. Pada saluran empedu yang rusak, cairan empedu yang seharusnya dikirim ke kantong empedu justru terkirim ke liver. 

Beberapa Tanda Penyakit Liver

Ada beberapa tanda penyakit liver yang perlu untuk dicermati. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Perut terasa nyeri dan sakit dalam kurun waktu yang lama di bagian kanan atas. Pada beberapa kasus, perut akan nampak seperti pada orang yang busung lapar. Ini terjadi karena liver membengkak dan naik ke rongga perut bagian atas sehingga terkadang penderita sesak nafas.
  2. Gatal pada kulit meskipun kulit sedang dalam keadaan bersih dan bebas dari penyakit kulit.
  3. Rasa sakit pada pankreas.
  4. Nafsu makan menurun.
  5. Badan terasa lemas.
  6. Warna air kencing kekuningan atau kecoklatan meskipun anda minum cukup air putih.
  7. Gampang merasa mual dan selalu ingin muntah.
  8. Diare yang tidak kunjung sembuh dengan tuntas.
  9. Sistem imun yang naik-turun sehingga anda gampang sakit.
  10. Warna kotoran BAB cenderung pucat.
  11. Berat badan turun dengan drastis.
  12. Kadar gula rendah.
  13. Penurunan gairah seksual.
  14. Warna mata dan kulit berubah menjadi kuning.
  15. Secara khusus, pada wanita akan muncul siklus menstruasi yang tidak normal dan sekaligus masalah keputihan.
  16. Tubuh mengalami kekurangan protein sehingga tubuh mudah memar jika terbentur.
  17. Kulit sekitar kuku mudah rusak dan kuku terlihat lebih tipis.
Baca Juga  Macam Macam Batu Mulia Di Dunia

Beberapa tanda-tanda diatas mungkin terasa umum dan tidak berbahaya. Namun alangkah baiknya jika anda sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah anda terkena penyakit liver atau gangguan kesehatan lainnya. 

Hasil Penelitian WHO 

Terkait dengan penyakit liver yang disebabkan oleh virus hepatitis, dalam hasil penelitian yang dirilis oleh WHO pada 2011, tercatat setidaknya sepertiga populasi dunia terinfeksi salah satu dari sekian banyak virus hepatitis. Sampai saat ini, ada 5 virus utama hepatitis yang paling banyak menimbulkan penyakit liver dan bahkan kanker hati. Virus yang dimaksud yaitu virus hepatitis A,B,C,D dan E. Untuk negara berkembang seperti Indonesia, virus hepatitis B adalah yang paling sering menjadi biang masalah. Sebagai bagian pencegahan dini, imunisasi hepatitis pada bayi menjadi sangat penting.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Waspada terhadap Penyebab dan Tanda-Tanda Penyakit Liver and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!