Waspadai Gejala Tumor dan Kanker Payudara !

Perpustakaan Cyber (5/11/2014) – Organ wanita satu ini sangat penting apalagi ketika sudah dikaruniai buah hati. Sebagai tempat untuk memberikan ASI, payudara harus selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Melihat kondisi yang terjadi di masyarakat saat ini, penyakit yang menyerang payudara semakin tinggi. Banyak wanita yang mulai usia lanjut terserang penyakit yang tergolong mematikan ini. Baik tumor payudara maupun kanker payudara kini penyakit tersebut menjadi perhatian khusus yang harus diberikan ilmu pengetahuan terutama untuk kaum hawa. 

Walaupun tumor tergolong penyakit yang tidak ganas namun jika tidak segera diobati maka akan berdampak pada kanker. Seorang wanita tidak dapat mengetahui apakah dirinya mengalami tumor atau kanker payudara tanpa perabaan. Tumor dan kanker payudara akan diketahui ketika wanita mulai meraba dari pangkal lengan, menuju sisi payudara, sampai pada puncak. Perabaan yang dilakukan juga dengan penekanan. Jika Anda merasakan sebuah benjolan maka waspada, siapa tahu Anda mengalami penyakit ini. Kondisi awal memang benjolan yang terasa sangatlah kecil. Namun, jika Anda tidak segera periksa ke dokter maka akan tumbuh semakin besar benjolan tersebut. 

Tumor dan kanker payudara dapat dialami oleh wanita yang sewaktu duduk di bangku sekolah dasar sudah mengalami datang bulan, wanita yang belum dikaruniai buah hati sehingga payudara tidak menjalankan fungsi untuk memberikan ASI, wanita yang memiliki wanita ketika usia lebih dari kepala tiga, tidak datang bulan lagi atau menopause saat usia lebih dari kepala lima, dan masih banyak lagi. Penting bagi para wanita untuk mengetahui gejala-gejala tumor dan kanker payudara di bawah ini sebagai bentuk waspada:

1. Merasa Ada Benjolan

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas ketika Anda merasakan benjolan di sekitar payudara terutama tidak jauh dari ketiak, maka kemungkinan Anda mengalami penyakit tumor atau kanker payudara. Anda baru dapat mengetahui apakah yang Anda alami tumor atau kanker ketika periksa ke dokter ahli. 

Baca Juga  Hal-Hal yang Perlu Diketahui Pasien Kanker yang Baru Selesai Menjalani Operasi

2. Asap Rokok

Gejala satu ini berkaitan dengan masalah rokok. Di Indonesia, sungguh ironi, jumlah perokok aktif mengalami jumlah yang terus meningkat. Salah satu risiko yang dapat terjadi pada wanita yang menjadi perokok pasif adalah terserang penyakit tumor atau kanker payudara. Asap rokok yang tidak sengaja terhirup akan masuk ke paru-paru dan juga menyebar ke beberapa titik termasuk payudara. Semakin banyak menghirup asap rokok maka semakin banyak endapan asap di dalam tubuh. Selain akan menderita penyakit paru-paru juga mengalami penyakit tumor atau kanker payudara. Sehingga bagi Anda sedapat mungkin hindari mereka yang merokok. Lebih baik lagi jika Anda langsung tegur dengan memberikan akibat-akibat dari asap rokok tersebut.

3. Ukuran Yang Membesar

Tumor dan kanker payudara jelas akan mengubah ukuran dari payudara Anda. Perhatikan dengan baik apakah payudara Anda memang mengalami perubahan yang mengarah pada ukuran yang semakin besar. Jika iya, maka segera periksakan ke dokter agar segera dilakukan penanganan. Sebab payudara yang semakin membesar menjadi tanda bahwa terjadi perkembangbiakan sel-sel liar yang tumbuh tidak terkendali yaitu, kanker. Hal ini akan membuat Anda merasakan sakit nyeri, pegal, dan tidak tertahan pada bagian payudara Anda. berbeda jika masih tergolong tumor tidak ganas maka tidak akan semakin membesar.

4. Terdapat Luka

Gejala lain menjadi tanda Anda mengalami tumor atau kanker payudara adalah pada bagian puting terjadi luka. Luka tersebut terlihat dengan terdapat suatu cairan yang tidak biasa bukan susu namun seperti lendir dengan warna kuning sampai hijau.

Post Disclaimer

The information contained in this post is for general information purposes only. The information is provided by Waspadai Gejala Tumor dan Kanker Payudara ! and while we endeavour to keep the information up to date and correct, we make no representations or warranties of any kind, express or implied, about the completeness, accuracy, reliability, suitability or availability with respect to the website or the information, products, services, or related graphics contained on the post for any purpose. for purchase information contact at Whatsapp Number 6281360000123 - Batu Geliga Landak

Baca Juga  Obat Kanker: Penyebab NEISSERIA MENINGITIS
Default image
Dunny Nasution
Articles: 705

Leave a Reply

error: Content is protected !!